dempo

Atasi TPA Air Sebakul Overload, Pemkot Bengkulu Punya Inisiatif Bangun TPST

Atasi TPA Air Sebakul Overload, Pemkot Bengkulu Punya Inisiatif Bangun TPST

Sehubungan dengan uregensi kapasitas dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Sebakul telah overload( melebihi batas) yang sempat disampaikan oleh Pj Walikota beberapa waktu yang lalu. --(Sumber Foto: Robi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Sehubungan dengan uregensi kapasitas dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Sebakul telah overload( melebihi batas) yang sempat disampaikan oleh Pj Walikota beberapa waktu yang lalu. 

Maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu akan mengusulkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) ataupun APBN untuk membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) sebagai solusi guna mengakomodir masalah sampah di wilayah tersebut.

 BACA JUGA:Perluasan TPA Air Sebakul Kota Bengkulu Masih Terkendala Legalitas Lahan

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengolahan Sampah DLH Kota Bengkulu Rusman Effendi.

"Solusi utama dari overloadnya TPA air sebakul sebenarnya ialah melakukan perluasan  hingga 25 hektare, tetapi karena terkendala anggaran dan legalitas lahan Maka, cara yang bisa kita lakukan yakni TPST," kata Rusman Effendi Jumat 5 Juli 2024.

BACA JUGA:Nyambi Jual Sabu, Satpam di Kota Bengkulu Diringkus Polisi

Tambah Rusman, dengan TPST nantinya pengolahan dinilai lebih efisien, tidak membutuhkan anggaran dan lahan yang relatif besar, karena hanya cukup dibutuhkan dua hingga hingga hektare saja.

Dalam system pengolahan sampah di TPST, sampah organik dan non organik akan dipisah dan dipilah melalui teknologi atau tangan manusia terlebih dahulu.

Kemudian sampah yang masih bisa dimanfaatkan (Reuseable)akan dimanfaatkan kembali, sedangkan yang tidak bisa dimanfaatkan (Non Reusable) akan dimusnahkan.

BACA JUGA:Volume Sampah di Kota Bengkulu Semakin Bertambah, DLH Kebut Perluasan TPA Air Sebakul

"Sistem pengolahan sampah TPST  tidak terlalu memakan luasan lahan, karena sampah akan dipilah yerlebih dahulu berdasarkan jenisnya, sementa system TPA saat ini sangat memakan lahan karena sampah langsung ditumpuk menjadi satu begitu saja," tambahnya.

BACA JUGA:DLH Kota Bengkulu Minta Stakeholder Anggarkan Pembangunan TPA yang Baru

Sebagai informasi, sebelumnya Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi menyampaikan bahwa kebutuhan akan perluasan lahan di sekitar TPA Air Sebakul saat ini dalam kategori urgent (darurat).

TPA Air Sebakul sudah over kapasitas karena dengan hanya lahan seluas 6 Hektar harus menmpung sampah kota Bengkulu hingga 400 ton per harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: