dempo

5 Larangan di Bulan Muharram, Salah Satunya Dilarang Berperang

5 Larangan di Bulan Muharram, Salah Satunya Dilarang Berperang

5 larangan di bulan Muharram, salah satunya dilarang berperang--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat beberapa larangan di bulan Muharram yang sebaiknya tidak dilakukan untuk memperoleh keberkahan di bulan ini karena bulan Muharram merupakan bulan yang mulia. 

BACA JUGA:Kumpulkan Pahala Sebanyak Mungkin dengan Sederet Amalan Sunnah Bulan Muharram Ini, Apa Saja?

Bulan Muharram dimaknai sebagai Tahun Baru Islam atau Tahu Barun Hijriah dan menjadi salah satu bulan yang mulia selain bulan Dzulqaidah, bulan Dzulhijjah, dan bulan Rajab. 

Di dalam kalender umat Islam yaitu kalender Hijriyah, bulan Muharram merupakan bulan pertama dari dua belas bulan dan sebagai penanda tahun baru bagi umat Muslim di seluruh dunia. 

BACA JUGA:Puasa Asyura Muharram 2024 : Jadwal, Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya

Kata Muharram sendiri berasal dari bahasa Arab Harrama-Yuharrimu-Tahriiman-Muharrimun-wa-Muhharramun yang berarti diharamkan. Bulan ini dimaknai sebagai bulan yang dimuliakan. 

Bulan ini memiliki arti diharamkan lantaran pada bulan tersebut orang-orag Arab dilarang untuk berperang satu sama lain. 

BACA JUGA:Sejarah 1 Muharram yang Jadi Awal Mula Penetapan Kalender Islam, Simak Peristiwa Penting Dibaliknya

Bulan Muharram juga menjadi salah satu bulan yang bersejarah bagi umat Islam lantaran di bulan ini ada banyak peristiwa yang menunjukkan bukti kekuasaan Allah SWT. 

Muharram menjadi satu dari empat bulan mulia atau dikenal dengan sebutan asyhurul hurum yang memiliki banyak keutamaan sehingga umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal baik di bulan ini. 

BACA JUGA:Sambut Tahun Baru Islam, Ketahui 5 Keistimewaan Bulan Muharram Ini Bagi Umat Muslim

Bulan Muharram juga merupakan bulan dilipatgandakannya pahala. Tidak hanya itu, di bulan ini Allah SWT juga melarang umat Islam untuk melakukan kedzaliman. 

Untuk itu, di dalam bulan ini juga terdapat beberapa larangan yang sebaiknya tidak dilakukan. 

BACA JUGA:Inilah Bacaan Doa Saat Sedekah, Amalan Penuh Berkah di Bulan Muharram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: