KPU

Sebabkan Keracunan, Ini 6 Efek Samping Lain Makan Sayur Bayam Berlebih

Sebabkan Keracunan, Ini 6 Efek Samping Lain Makan Sayur Bayam Berlebih

Ilustrasi. Efek samping makan sayur bayam berlebih.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Makan sayur bayam berlebih dapat menyebabkan berbagai efek samping, yuk simak ulasannya di sini.

Sayur yang berasal dari Amerika ini cukup populer di berbagai negara termasuk Indonesia. Sayur bayam diketahui dapat tumbuh secara liar atau dibudidayakan, baik di dataran rendah ataupun tinggi. 

Sayur bayam memang dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat yang sehat, namun mengkonsumsi sayur bayam berlebih ternyata tidak baik untuk kesehatan.

BACA JUGA:Mengancam Kesehatan, Berikut 5 Efek Samping Rematik Jika Tidak Diobati

Salah satu efek samping makan bayam berlebihan adalah keracunan. Hal ini dikarenakan pada pembudidayaan bayam bisa saya terdapat bakteri sehingga jika dikonsumsi berlebih bisa sebabkan keracunan.

Selain itu, makan bayam berlebih juga dapat sebabkan batu ginjal, hal tersebut karena di dalam bayam memiliki kandungan asam iksalat yang bisa membentuk batu ginjal.

Selain itu,

Tidak hanya itu, masih banyak efek samping makan bayam berlebihan, seperti bikin tulang kropos, diare, asam urat, dan alergi.

Dilansir dari klikdokter.com, berikut efek samping makan bayam berlebihan:

BACA JUGA:Ini 4 Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Jambu Biji, Salah Satunya Picu Usus Buntu

1. Batu Ginjal

Efek samping makan banyak berlebih yang pertama adalah sebabkan batu ginjal. Hal tersebut karena bayam mengandung asam oksalat yang jika terlalu banyak di dalam tubuh bisa membentuk batu di ginjal.

Oleh karena itu, meskipun kamu sangat menyukai bayam, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang wajar saja.

Selain itu, direkomendasikan untuk mengkonsumsi bayam haya 5 jam setelah dimasak, artinya jika lewat dari waktu tersebut sayur bayam tersebut sudha tidak baik dikonsumsi karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: