dempo

Dijuluki Silent Disease, Yuk Kenali Apa Itu Osteoporosis yang Kerap Dialami Wanita Jelang Menopause

Dijuluki Silent Disease, Yuk Kenali Apa Itu Osteoporosis yang Kerap Dialami Wanita Jelang Menopause

Dijuluki silent disease, yuk kenali apa itu osteoporosis yang kerap dialami wanita jelang menopause--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Mengenal penyakit osteoporosis merupakan hal yag penting untuk dilakukan agar kamu dapat mengetahui informasi yang diperlukan menemukan penyakit yang satu ini. 

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Kelapa Tua Kering yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Cegah Osteoporosis

Osteoporosis sendiri adalah penyakit tulang keropos yang memiliki sifat khas berupa terjadinya penurunan massa tulang yang disertai dengan penurunan kualitas jaringan tulang sehingga menimbulkan kerapuhan tulang

Penyakit osteoporosis memiliki julukan silent disease lantaran proses kepadatan tulang ini berkurang secara perlahan dan berlangsung secara progresif selama bertahun-tahun tanpa disadari dan tanpa gejala yang jelas. 

BACA JUGA:6 Manfaat Biji Semangka yang Sayang Dilewatkan, Dipercaya Ampuh Mencegah Osteoporosis

Mereka yang mengidap osteoporosis memiliki tulang yang mudah retak atau patah lantaran kepadatan tulang mereka berkurang. 

Bukan hanya itu, osteoporosis juga seringkali tidak menimbulkan gejala dan baru disadari setelah penderitanya mengalami masalah atau cedera. 

BACA JUGA:Hambat Osteoporosis hingga Perbaiki Fungsi Ginjal, Ini 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan

Penyakit yang satu ini kerap kali dilami oleh wanita dewasa yang memasuki masa menopause. Meski demikian, osteoporosis bukan berarti tidak dapat dialami oleh orang dewasa muda dan juga anak-anak. 

Osteoporosis terjadi akibat menurunnya kepadatan tulang dan juga penurunan kemampuan regenerasi tulang bagian dalam serta ketidakmampuan tubuh dalam mengatur kandungan mineral di dalam tulang. 

BACA JUGA: 7 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan, Cegah Dehidrasi hingga Osteoporosis

Oleh sebab itu, kondisi ini memicu terjadinya pengeroposan tulang yang terjadi secara perlahan dan dalam kurun waktu yang lama. 

Melansir laman siloamhospital.com, biasanya seseorang yang mengalami penyakit ini akan mudah mengalami cedera di beberapa bagian tubuh tertentu seperti :

BACA JUGA:Kontrol Gula Darah hingga Cegah Osteoporosis, Ini 10 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

  • Retak pada tulang belakang
  • Retak pada tulang pinggul
  • Retak pada tulang pergelangan tangan
  • Retak pada tulang lengan
  • Retak pada tulang panggul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: