dempo

Ini 8 Gejala Osteoporosis yang Sering Dianggap Angin Lalu, Apa Saja?

Ini 8 Gejala Osteoporosis yang Sering Dianggap Angin Lalu, Apa Saja?

Ini 8 gejala osteoporosis yang sering dianggap angin lalu, apa saja?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Mengenali gejala penyakit osteoporosis merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan lantaran penyakit ini memiliki julukan silent disease yang sering tidak disadari hingga makin parah. 

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Kelapa Tua Kering yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Cegah Osteoporosis

Bahkan penyakit osteoporosis ini seringkali tidak memiliki gejala sehingga banyak orang terlambat menyadari keberadaan penyakit ini dan baru mengetahuinya setelah memburuk. 

Osteoporosis sendiri adalah penyakit tulang keropos yang memiliki sifat khas berupa terjadinya penurunan massa tulang yang disertai dengan penurunan kualitas jaringan tulang sehingga menimbulkan kerapuhan tulang

BACA JUGA:6 Manfaat Biji Semangka yang Sayang Dilewatkan, Dipercaya Ampuh Mencegah Osteoporosis

Kondisi ini menyebabkan mereka yang mengidap osteoporosis memiliki tulang yang mudah retak atau patah lantaran kepadatan tulang mereka telah berkurang. 

Penyakit yang satu ini kerap kali dilami oleh wanita dewasa yang memasuki masa menopause. Meski demikian, osteoporosis bukan berarti tidak dapat dialami oleh orang dewasa muda dan juga anak-anak. 

BACA JUGA:Hambat Osteoporosis hingga Perbaiki Fungsi Ginjal, Ini 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan

Osteoporosis terjadi akibat menurunnya kepadatan tulang dan juga penurunan kemampuan regenerasi tulang bagian dalam serta ketidakmampuan tubuh dalam mengatur kandungan mineral di dalam tulang. 

Intenational Osteoporosis Foundation menyebutkan jika 1 dari 3 wanita dan 1 dari 5 pria pada usia 50 tahun ke atas di seluruh dunai mengalami masalah kesehatan yang satu ini. 

BACA JUGA: 7 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan, Cegah Dehidrasi hingga Osteoporosis

Sementara di Indonesia sendiri, Kemenkes RI mencatat jika prevalensi osteoporosis di Indonesia sebesar 23% terjadi pada wanita berusia 50-80 tahun, dan 53% pada wanita yang berusia 80 tahun keatas.

Maka dari itu, jika osteoporosis ini tidak dicegah dan diobati dengan baik dan benar, maka hal ini akan berdampak pada kualitas gerak tubuhmu dikehidupan sehari-hari pada masa mendatang. 

BACA JUGA:Kontrol Gula Darah hingga Cegah Osteoporosis, Ini 10 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: