dempo

Anggaran Pembangunan SPAM Regional Benteng Kobema Mencapai Rp1,2 Triliun

Anggaran Pembangunan SPAM Regional Benteng Kobema Mencapai Rp1,2 Triliun

Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso menyatakan bahwa proyek ini bertujuan untuk menyediakan air minum siap konsumsi tanpa perlu dimasak.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

"Kalau provinsi, kita akan anggarkan lagi di APBD Perubahan tahun ini. Insyaallah clear, tahun ini selesai anggarannya," tegas Tejo.

BACA JUGA:Edwar Samsi Hadiri Peresmian Masjid Al Amar Kepahiang, Turut Salurkan Bantuan Pembangunan

Kemudian di kabupaten dan kota, menurut Tejo masih banyak belum dianggarkan. Seperti dari Pemda Kota Bengkulu, dari anggaran Rp 35 miliar, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD, tinggal Rp15 miliar lagi belum dianggarkan. 

Janjinya, akan dianggarkan tahun 2025. Begitupun dengan Kabupaten Seluma, baru dianggarkan Rp 20 miliar, sementara Rp30 miliar juga akan dianggarkan pada tahun 2025.

"Kalau Bengkulu Tengah, baru Rp20 miliar dianggarkan. Rp20 miliar lagi, tahun depan juga," bebernya.

BACA JUGA:Tak Kapok 3 Kali Dipenjara, Residivis Maling Kembali Terciduk Beraksi di Kota Bengkulu

Pembangunan SPAM Kobema yang memanfaatkan Bendung Kobema sebagai intake  di hulu Sungai Musi Kabupaten Bengkulu Tengah itu, sudah dilakukan sejak tahun 2015 lalu. Maka targetnya, akhir tahun 2024 ini, air minum dari SPAM Kobema sudah bisa diuji coba.

Kemudian, wilayah yang mendapatkan manfaat air siap minum dari SPAM Kobema itu membangun pipa hingga ke rumah-rumah warga.

"Akhir tahun ini, sudah diuji coba penggunaanya," tegasnya. (Ilham)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: