dempo

5 Efek Samping Konsumsi Daun Binahong yang Perlu Kamu Waspadai, Perhatikan Dosisnya!

5 Efek Samping Konsumsi Daun Binahong yang Perlu Kamu Waspadai, Perhatikan Dosisnya!

5 efek samping konsumsi daun binahong yang perlu kamu waspadai, perhatikan dosisnya!--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Pada beberapa orang, mengonsumsi daun binahonh dapat menyebabkan reaksi alergi yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh memberikan reaksi berlebihan terhadap alergen. 

BACA JUGA:Memiliki Nama Latin Anredera Cordifolia, Tumbuhan Daun Binahong Ternyata Punya Segudang Manfaat, Apa Saja?

Hal ini berarti dalam kandungan senyawa daun binahong ini dapat memicu terjadi alergi dengan reaksi yang muncul berbeda, mulai dari reaksi yang ringan hingga parah. 

Biasanya kondisi yang ringan ini bisa meluputi ruam, gatal-garal, bersin, dan juga hidung tersumbat. Namun reaksi parah yang ditimbukan adalah seperti sulit bernapas, sakit perut, kram perut, pusing, hingga bengkak pada wajah dan mulut. 

BACA JUGA:Ternyata Mudah Banget! Ini Cara Olah Daun Binahong Jadi Obat Herbal

2. Mual dan Muntah

Daun binahong ini juga dapat menimbulkan efek samping lain seperti mual terutama saat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. 

Hal ini lantaran terdapat kandungan tanin yang menyebabkan sistem pencernaan menjadi lebih sensitif. Karena itu, pastikan untuk makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun binahong. 

BACA JUGA:Herbal Mujarab Obati Sariawan, Ini 9 Manfaat Daun Kembang Sepatu untuk Kesehatan

Bukan hanya itu, daun binahong ini juga daoat menyebabkan muntah sebagai cara perut untuk membuang zat berbahaya dari dalam perut. Hal ini lantaran kandungan tanin dalam daun ini dapat mengiritasi usus hingga menyebabkan muntah. 

3. Diare

Efek samping konsumsi daun binahong selanjutnya adalah dapat menyebabkan diare lantaran daun ini bersifat antibakteri yang jika dikonsumsi berlebihan dapat mengganggu keseimbangan bakteri. 

BACA JUGA:6 Manfaat Bunga Kembang Sepatu untuk Rambut, Herbal Mujarab Cegah Kebotakan

Mengonsumsinya berlebihan menyebabkan keseimbangan antara bakteri baik dan juga bakteri jahat di dalam saluran pencernaan menjadi terganggu sehingga menyebabkan diare. 

4. Berpengaruh pada ASI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: