dempo

5 Cara Mengatasi Stres pada Lansia, Salah Satunya Tetap Terhubung dengan Orang Lain

5 Cara Mengatasi Stres pada Lansia, Salah Satunya Tetap Terhubung dengan Orang Lain

Ilustrasi. Cara mengatasi stres pada lansia.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Tetap terhubung dengan orang Lahin di usia lanjut menjadi salah satu cara mengatasi stress pada lansia, simak ulasan selengkapnya di sini.

 

 Diketahui angka stress pada lansia cukup tinggi di dunia ataupun di Indonesia, Dikatakan setidaknya ada 100 kasus stress pada lansia setiap tahunnya.

Hal ini tentu saja menjadi kehawatiran setiap anak yang memiliki orang tua sudah lanjut usia. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab lansia mengalami stres di antaranya adalah kondisi fisik yang sudah semakin menurun, efek samping dari ditinggalkan pasangan atau orang-orang terdekat, kondisi lingkungan atau perubahan gaya hidup.

BACA JUGA:Meningkatkan Kesehatan Mata, Intip Sederet Manfaat Lain Paprika Hijau Bagi Anak-anak

Tak heran jika banyak lansia yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena satu dan lain hal.

Seperti yang disampaikan sebelumnya salah satu cara mengatasi stress pada lansia adalah tetap terhubung dengan orang lain. Biasanya lansia yang mengalami stres kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidupnya adalah karena kesepian dan merasa tidak dibutuhkan lagi.

Oleh karenanya dengan tetap terhubung dengan orang lain dapat mengurangi rasa kesepian seorang yang sudah lanjut usia.

Selain itu tetap aktif, memiliki jadwal kegiatan, membangun lingkungan yang baik, kehidupan yang sehat termasuk cara mengatasi stres pada lansia yang bisa dilakukan.

Melansir dari golantang.bkkbn.go.id, berikut cara mengatasi stres pada lansia.

BACA JUGA:Cek 11 Manfaat Paprika Hijau Ini untuk Kesehatan Wanita, Mengurangi Risiko Kanker Payudara Salah Satunya

1. Kenali pemicu atau penyebab stres  

Cara mengatasi stress pada lansia yang pertama adalah dengan mengenali pemicu atau penyebab stres itu sendiri.

Hal ini dapat membantu untuk mencegah atau mengatasi stress pada lansia. Misalnya dengan mencatat hal-hal apa saja yang membuat lansia sedih, dengan mengetahuinya seseorang atau orang-orang disekitarnya dapat menghindari hal tersebut agar seorang yang sudah lanjut usia tidak merasa sedih.

Selanjutnya adalah menghindari hal-hal yang dapat membuat lansia marah, Hal tersebut karena marah juga dapat menyebabkan seseorang mengalami stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: