dempo

Ini Penyebab, Cara Mencegah dan Mengatasi Flek Hitam di Wajah, Kenali Sebelum Makin Parah

Ini Penyebab, Cara Mencegah dan Mengatasi Flek Hitam di Wajah, Kenali Sebelum Makin Parah

Ilustrasi. Penyebab, cara mencegah dan mengatasi flek hitam di wajah.--Sumber foto: (Doc/BETV)


--Sumber foto: (Web/detik.com)

Penyebab flek hitam di wajah yang pertama adalah paparan sinar matahari. Bercak di wajah mucul karena tingkat produksi melanin berlebih, sehingga area kulit yang terpapar matahari langsung berubah menjadi lebih gelap daripada area lain.

Diketahui bahwa area kulit wajah, leher, tangan dan kaki tempat paling umum munculnya flek hitam. Hal tersebut karena area yang disebutkan sebelumnya paling kerap terpapar sinar UV.

Tidak hanya flek hitam, sianar UV juga dapat menyebabkan munculnya tanda penuaan lainnya seperti garis halus, kerutan, hingga keriput.

2. Kondisi dan penyakit kulit


--Sumber foto: (Wab/halodoc.com)

Penyebab flek hitam di wajah berikutnya bisa jadi kamu memiliki penyakit kulit atau kondisi tertentu. Adapun penyakit kulit yang dimaksud seperti, Hiperpigmentasi pasca inflamasi, Poikiloderma of Civatte, Melanosis Riehl, dan Erythromelanosis follicularis.

BACA JUGA:Cobain 4 Aneka Resep Olahan Strawberry Populer Ini, Dijamin Bikin Ketagihan, Yuk Recook!

BACA JUGA: Waspada 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Buah Tomat, Bisa Sebabkan Batu Ginjal

3. Obat-obatan

Kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah. Efek dari obat-obatan tersebut misalnya membuat kulit lebih sensitif terhadap cahaya.

Adapun jenis obat-obatan yang bisa memicu timbulanya flek hitam di wajah adalah Tetrasiklin, Phenytoin, Fenotiazin, Sulfonamid.

Tidak hanya itu, menderita penyakit hati, penyakit Addison, kelebihan zat besi (hemokromatosis), atau tumor hipofisis juga bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah.

Namun kamu tidak perlu khwatir, flek hitam bisa dihilangkan dengan cara yang sederhana. Berikut ini cara menghilangkan flek hitam di wajah:

BACA JUGA:Meninggal Dunia di Kebun Kopi, Petani Asal Kaur Ternyata Idap Penyakit Epilepsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: