dempo

6 Tips Didik Anak Agar Patuh, Sebaiknya Jangan Buru-buru Marahi Mereka

6 Tips Didik Anak Agar Patuh, Sebaiknya Jangan Buru-buru Marahi Mereka

Ilustrasi. 6 tips didik anak agar patuh, sebaiknya janganburu-buru marahi mereka--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Namun sebainya hindari bersikap serta berlaku kasar karena hal ini dapat memperburuk keadaan dan membuat anak menjadi takut serta trauma. Pada akhirnya, hal ini menyebabkan anak menjadi tidak mau menurut. 

Oleh sebab itu pastikan untuk menggunakan kata-kata yang lembut saat menasihati anak serta gunakan kalimat yang mudah dicerna. 

BACA JUGA:Bunda, Yuk Kenali Gejala Depresi pada Anak Sebelum Terlambat! Ada Gejala Fisik dan Psikis

BACA JUGA:Intip Cara Membuat Masker Wajah Dari Bengkoang, Berikut Sederet Manfaatnya untuk Kulit Wajah

5. Libatkan Anak Saat Mengambil Keputusan


--(Sumber Foto: iStockPhoto)

Selain tips di atas, orang tua juga dapat memberikan kesempatan pada anak untuk berpartisipasi dalam mengambil keputusan, misalnya dalam memilih makanan.

Meski hal tersebut terkesan sepele, namun hal ini akan memberikan rasa kontrol yang sehat pada anak dan mengajarkan anak mengenai rasa tanggung jawab.  

6. Diskusikan Konsekuensi Negatif

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah dengan mendiskusikan konsekuensi negatif saat anak melanggar aturan yang telah ditetapkan. 

BACA JUGA:Ini Alasan Pelaku Nekat Kabur Usai Tabrak Korban hingga Meninggal

BACA JUGA:Ini 6 Cara Alami Cerahkan Wajah, Kulit Glowing Hanya Dalam Semalam

Untuk menentukan hal ini, orang tua perlu mempertimbangkan konsekuensi yang paling efektif namun di saat bersamaan tidak menyakiti sang anak. 

Sebagai contoh, orang tua berhak menggunakan waktu istirahat, mengambil hak istimewa seperti dengan memotong jam bermain di luar atau menggunakan konsekuensi yang logis lainnya. 

Hal ini dilakukan untuk membantu anak belajar dari kesalahan yang mereka lakukan dan tidak melakukan kesalahan yang sama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: