dempo

Progres Pembangunan SPAM Regional Benteng Kobema Capai 80 Persen

Progres Pembangunan SPAM Regional Benteng Kobema Capai 80 Persen

Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso mengatakan, progres pekerjaan pembangunan SPAM Regional Benteng Kobeme yang menggunakan dana APBD Provinsi Bengkulu sudah mencapai 70 persen.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

Untuk diketahui proyek pembangunan SPAM Regional Benteng Kobema 3 wilayah Kota Bengkulu–Bengkulu Tengah–Seluma menghabiskan anggaran mencapai Rp1,2 triliun. 

Anggaran terbesar membangun SPAM Kobema itu berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tak tanggung-tanggung, anggarannya sudah diplot sekitar Rp900 miliar.

BACA JUGA:Pengamen Jalanan di Simpang 5 Kota Bengkulu Nekat Maling 3 HP, Ngaku untuk Beli Miras

Kemudian, Pemprov Bengkulu juga menganggarkan Rp170 miliar. Begitupun lewat APBD Kota Bengkulu Rp35 miliar, APBD Seluma Rp50 miliar dan APBD Kabupaten Bengkulu Tengah Rp40 miliar.

Proyek ini bertujuan untuk menyediakan air minum siap konsumsi tanpa perlu dimasak, yang didukung oleh infrastruktur yang luas termasuk instalasi pengolahan air dan jaringan distribusi sepanjang 27 kilometer. 

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Dorong Aksi Penyelamatan Pesisir dari Perubahan Iklim

Pembangunan SPAM Kobema yang memanfaatkan Bendung Kobema sebagai intake di hulu Sungai Musi Kabupaten Bengkulu Tengah itu, sudah dilakukan sejak tahun 2015 lalu. Maka targetnya, akhir tahun 2024 ini, air minum dari SPAM Kobema sudah bisa diuji coba.

(Ilham)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: