Pemkot Bengkulu Dorong Pertumbuhan UMKM Melalui Kerjasama dengan Usaha Besar

Pemkot Bengkulu Dorong Pertumbuhan UMKM Melalui Kerjasama dengan Usaha Besar

Pemkot Bengkulu melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) memfasilitasi kerjasama antara usaha besar dengan pelaku UMKM melalui Penandatanganan Surat Komitmen Kerjasama Usaha (SKKU) Usaha Besar dengan UMKM, Selasa 10 Septemb--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemkot BENGKULU melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) memfasilitasi kerjasama antara usaha besar dengan pelaku UMKM melalui Penandatanganan Surat Komitmen kerjasama usaha (SKKU) usaha Besar dengan UMKM, Selasa 10 September 2025 di salah satu hotel kota BENGKULU.

Penandatanganan SKKU antara usaha besar dengan UMKM ini dihadiri langsung Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi didampingi Pj Sekda Eko Agusrianto. 

Hadir juga perwakilan dari Kementerian Investasi/BKPM Abey Bahder, Kepala DPMPTSP Irsan Setiawan dan beberapa kepala OPD seperti Kepala Bappeda, Kadis Perindag, Kadis Perkim dan Kadis Koperasi, Kadis Kesehatan dan Sekretaris Dinas Kominfo.

BACA JUGA:5 Pjs Bupati di Bengkulu Tunggu Penetapan SK Mendagri

Ada 10 usaha besar dan 24 UMKM dari berbagai bidang usaha yang menandatangani kontrak SKKU. 

Diharapkan dengan dilakukan penandatanganan SKKU ini diharapkan UMKM semakin berkembang dan pertumbuhan ekonomi di Kota Bengkulu semakin baik. 

Seperti disampaikan Pj Walikota Bengkulu saat menyampaikan kata sambutannya.

BACA JUGA:Seluma Masih Kekurangan Tenaga Kesehatan, Dinkes Usulkan Penambahan Kuota

"Dalam kaitan dengan pertumbuhan ekonomi tentu investasi ini sangat kita butuhkan. Tentu investasi ini pelakunya adalah usaha-usaha besar dan perlu ada kemitraan dengan UMKM. UMKM di Kota Bengkulu ini banyak tetapi banyak yang belum bermitra. Kalau belum bermitra akan sangat susah untuk berkembang. Kemitraan ini harus dilandasi dengan komitmen yang kuat dan harus saling menguntungkan agar kemitraan bisa berlangsung dalam jangka waktu yang panjang," ujar Arif.

BACA JUGA:Dana Bansos PKH BPNT Dialihkan dari Kantor Pos ke Rekening Bank Himbara

Sementara perwakilan dari Kementerian Investasi/BKPM Abey Bahder pada kesempatan itu menyampaikan, bahwa kemitraan usaha besar dengan usaha UMKM ini sangat penting agar UMKM masuk dalam ratai global ekonomi dalam meningkatkan peluang bagi UMKM sehingga bisa naik kelas.

BACA JUGA:Korupsi Dana BOS, Kepsek dan Perangkat Sekolah MAN 2 Kepahiang Jalani Sidang Perdana

"Menguatkan peran UMKM melalui kemitraan dengan usaha besar adalah langkah yang sangat strategis. Ini tidak hanya membantu UMKM dalam mengakses pasar yang lebih luas dan teknologi yang lebih baik, tetapi juga meningkatkan kontribusi mereka terhadap perekonomian daerah," jelas Abey Bahder.

(Jalu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: