Bantu Kembangkan Fasilitas Umum, Pemkot Bengkulu Minta Developer Segera Serahkan PSU

Bantu Kembangkan Fasilitas Umum, Pemkot Bengkulu Minta Developer Segera Serahkan PSU

Pemerintah Kota Bengkulu meminta developer perumahan untuk segera menyerahkan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) lingkungan perumahan ke pemerintah.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Kota BENGKULU meminta developer perumahan untuk segera menyerahkan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) lingkungan perumahan ke pemerintah.

Hal ini bertujuan agar pemerintah dapat membantu developer dalam mengembangkan kawasan pemukiman dan perumahan yang memiliki fasilitas umum (Fasum) yang sehat, aman, dan terjangkau.

BACA JUGA:98 Guru PPPK Formasi 2023 Resmi Terima SK dari Gubernur Rohidin Mersyah

Berdasarkan keterangan Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Bengkulu Toni Harisman melalui Kabid Perumahan Rakyat Ipo Every Ronald, saat ini masih ada 60 developer yang belum menyerahkan PSU.

"Jumlah developer yang belum menyerahkan PSU ada 60 developer, sedangkan yang sudah kami serah terimakan dan verifikasi sudah ada 74," kata Kabid Perumahan Rakyat Ipo Every Ronald.

BACA JUGA:Pengendalian Inflasi Berhasil, Provinsi Bengkulu Terbaik se-Sumatera

Tambah Ronald, kewajiban tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 9 tahun 2009 tentang pedoman penyerahan PSU perumahan dan permukiman di daerah dan Peraturan Walikota (Perwal) nomor 30 tahun 2021 tentang pedoman penyerahan PSU Perumahan dan Permukiman Kota Bengkulu

BACA JUGA:13 SMP di Seluma Masih dalam Proses Perbaikan, Target Rampung Desember

Adapun syarat yang harus diperhatikan dan dipenuhi oleh pihak developer diantaranya sudah membuat surat pelepasan hak, jumlah rumah yang sudah dibangun lebih dari setengah atau sekitar 80 persen, dan dinilai sudah layak untuk diserahkan.

"Sebagai imbauan terkait PSU ini, kami sudah sampaikan surat ke beberapa asosiasi, yakni ada 4 asosiasi dan sekarang tinggal menunggu mereka melengkapi persyaratan sebelum PSU," tambahnya.

BACA JUGA:Dinyatakan Tak Lolos Oleh Verifikator? Segera Ajukan Sanggah dengan Cara dan Syarat Ini

Lanjut Ronald, sejauh ini, Pemerintah Kota Bengkulu terus mensosialisasikan dan melakukan pendampingan untuk penyerahan PSU.

"Makanya, hingga saat ini sudah banyak juga para pengembang yang sudah menyerahkan PSU-nya," pungkasnya.

(Jalu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: