KPU

Masyarakat Adat Tanah Serawai Dukung Erwin dan Jonaidi di Pilkada Seluma 2024

Masyarakat Adat Tanah Serawai Dukung Erwin dan Jonaidi di Pilkada Seluma 2024

Sebanyak 19 komunitas adat di Kabupaten Seluma memberikan dukungan kepada Erwin Octavian sebagai utusan politik masyarakat adat dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 27 November 2024.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Sebanyak 19 komunitas adat di Kabupaten Seluma memberikan dukungan kepada Erwin Octavian sebagai utusan politik masyarakat adat dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 27 November 2024.

"Kami melihat cuma sosok Erwin Octavian yang mau berkomitmen dan bisa menjadi perwujudan gerakan masyarakat adat di Seluma," kata Ketua Pengurus Harian Wilayah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Fahmi Arisandi, Sabtu 28 September 2024.

BACA JUGA:Pelantikan Caleg Terpilih Eks Narapidana di DPRD Kota Bengkulu Tuai Protes

Menurut Fahmi, sedikitnya ada tiga alasan yang mendasari AMAN untuk mendaulat Erwin Octavian mengemban misi kerja politik keterlibatan masyarakat adat dalam urusan politik. 

Pertama, Erwin yang menjabat sebagai Bupati Seluma telah mendorong penerbitan Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2022 Tentang Prosedur dan Mekanisme Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat Kabupaten Seluma.

Kedua, Erwin juga telah menjalankan mandat dari Perda yang telah diterbitkannya dengan mengakui lima komunitas adat Serawai di Seluma, yakni komunitas adat Pasar Seluma, Serawai Semidang Sakti Pering Baru, Lubuak Lagan, Arang Sapat, dan Napal Jungur.

BACA JUGA:Waspada! 6 Penyakit Ini Ditandai dengan Keringat Dingin, Salah Satunya Serangan Jantung

"Lalu yang ketiga, Erwin juga telah berkomitmen di hadapan komunitas adat untuk ikut membantu gerakan masyarakat adat di Seluma. Jadi kami pikir sudah cukup alasan kami mendukung beliau," sambung Fahmi.

AMAN secara nasional sebelumnya memang telah menerbitkan Instruksi Sekjen AMAN Tentang Perluasan Partisipasi Politik Masyarakat Adat di Pikada 2024. 

Dalam edaran itu, setiap pengurus AMAN di daerah diberikan keleluasaan untuk menentukan sikap politik mereka.

BACA JUGA:Pakar Politik UNIB: Kampanye Pilkada Bengkulu 2024 Akan Diwarnai Perang Data

Praktiknya, bisa dengan mengutus kader sendiri atau juga bisa memilih figur di luar kader, yang dianggap memiliki rekam jejak baik terhadap gerakan masyarakat adat dan bersedia mencantumkan dalam visi misinya untuk berpihak pada perjuangan masyarakat adat.

Menurut Fahmi, AMAN memang sudah secara serius membangun suatu haluan gerakan politik untuk keterlibatan masyarakat adat dalam urusan negara.

Dengan kata lain, kini secara sadar masyarakat adat telah menempatkan demokrasi sebagai ruang untuk menyampaikan mandat politik, menjadi ruang kontrol terhadap kebijakan publik dan semua urusan negara yang menyangkut kepentingan umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: