KPU

6 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh, Tingkatkan Sistem Imun hingga Dukung Kesehatan Mental

6 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh, Tingkatkan Sistem Imun hingga Dukung Kesehatan Mental

Ilustrasi. 6 manfaat temulawan untuk kesehatan tubuh, tingkatkan sistem imun hingga dukung kesehatan mental--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh telah dikenal lama sehingga tidak heran jika rempah yang satu ini seringkali digunakan sebagai obat tradisional. 

BACA JUGA:Pejabat Pemprov Bengkulu Ditunjuk Sebagai Penjabat Sekda Lebong

BACA JUGA:Hendri Donal Jabat Pj Sekda Bengkulu Tengah, Ini Pesan Pj Bupati

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza, merupakan tanaman herbal yang berasal dari Indonesia dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Tanaman ini dikenal dengan batang rimpangnya yang berwarna kuning cerah, yang sering dijadikan bahan dalam berbagai ramuan herbal. 

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, temulawak tentunya memiliki segudang manfaat kesehatan yang tidak boleh diabaikan.

BACA JUGA:Ini 7 Penyebab Sakit Pinggang yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Cedera Otot, Cek yang Lain

BACA JUGA:Polisi Kembali Amankan 20 Anggota Geng Motor Bersenjata Tajam, Sebagian Besar Pelajar

Kandungan utama dalam temulawak, seperti kurkuminoid dan minyak atsiri, memberikan sifat-sifat yang luar biasa yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan. 

Kurkuminoid, yang juga ditemukan dalam kunyit ini terkenal akan kemampuannya sebagai antioksidan yang kuat. 

Selain itu, temulawak juga mengandung zat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga menjadikannya pilihan yang ideal untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Di banyak daerah, temulawak bahkan digunakan sebagai suplemen alami untuk berbagai masalah kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan hingga nyeri sendi. 

Lantas apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh ini? Simak informasinya yang telah BETV rangkum dalam artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Catat! 6 Jenis Makanan Ini Bisa Bantu Hilangkan Lemak di Paha, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: