KPU

Ketahui 6 Penyebab PMS pada Wanita, Fluktuasi Hormon hingga Stres

Ketahui 6 Penyebab PMS pada Wanita, Fluktuasi Hormon hingga Stres

Ilustrasi. Ketahui 6 penyebab PMS pada wanita, fluktuasi hormon hingga stres--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Mengetahui penyebab Premenstrual Syndrome (PMS) pada wanita dapat menjadi salah satu tindakan untuk lebih mengenali kondisi ini dan mencegah gejala yang parah. 

BACA JUGA:Pimpinan Definitif DPRD Seluma Belum Ada, Pembahasan APBD Murni Bakal Terhambat

BACA JUGA:Capaian Progres Pembangunan Infrastruktur Tahun 2024 di Seluma Sudah 90 Persen

Pasalnya, Premenstrual Syndrome (PMS) ini adalah kondisi yang dialami oleh banyak wanita menjelang menstruasi, dan penyebabnya bisa sangat beragam. 

Meskipun tidak ada satu penyebab yang pasti, namun kombinasi faktor fisik, hormonal, dan psikologis dapat berkontribusi pada munculnya gejala PMS sehingga memahami penyebab ini sangat penting untuk mengelola kondisi ini dengan lebih baik.

Faktor hormonal memainkan peran utama dalam perkembangan PMS lantaran selama siklus menstruasi, kadar hormon estrogen dan progesteron mengalami fluktuasi yang signifikan.

BACA JUGA:Penyelesaian Konflik Agraria di Mukomuko dan Bengkulu Utara Diserahkan ke Kanwil BPN/ATR Bengkulu

BACA JUGA:Mengenal Premenstrual Syndrome yang Akrab dengan Wanita, Apa Itu?

Perubahan ini dapat mempengaruhi berbagai sistem dalam tubuh, termasuk sistem saraf pusat, yang berkontribusi pada perubahan emosi dan gejala fisik. 

Bukan hanya itu, faktor genetik juga dapat berkontribusi pada kemungkinan seseorang mengalami PMS lantaran penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki riwayat keluarga dengan PMS lebih mungkin mengalami gejala serupa.

Hal ini menunjukkan bahwa ada komponen genetik yang dapat memengaruhi sensitivitas terhadap perubahan hormonal seseorang. 

Selain beberapa penyebab di atas, berikut penyebab PMS pada wanita yang perlu kamu ketahui yang telah BETV rangkum dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Baru 1 Fraksi di DPRD Seluma yang Ajukan Cuti Kampanye Pilkda 2024

BACA JUGA:Banyak Manfaat, Ini 5 Efek Samping Tah Peppermint, Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: