KPU

936 Pemilih Disabilitas di Kota Bengkulu Akan Salurkan Hak Suara

936 Pemilih Disabilitas di Kota Bengkulu Akan Salurkan Hak Suara

Bambang Meliansyah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu --(Sumber Foto: Ajeng/BETV)

936 Pemilih Disabilitas di Kota Bengkulu Akan Salurkan Hak Suara

BENGKULU, BETVNEWS - Sebanyak 936 pemilih disabilitas di Kota Bengkulu terdaftar untuk menyalurkan hak suara di Pilkada Serentak 2024 pada 27 November mendatang.

Dari total tersebut, 508 di antaranya adalah laki-laki dan 428 perempuan yang terbagi dalam enam kategori, yaitu disabilitas fisik, selektual, mental, sensorik bicara, sensorik umum, dan sensorik netra.

Hal ini menunjukkan komitmen KPU Kota Bengkulu untuk memastikan semua lapisan masyarakat dapat terlibat dalam proses demokrasi.

 

Dalam upaya untuk memastikan hak pilih semua warga terpenuhi, Bambang Meliansyah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan fasilitas yang memadai untuk pemilih disabilitas.

BACA JUGA:KPU Kota Bengkulu Tetapkan 2 Lokasi Kampanye Rapat Umum

BACA JUGA:Rumah Kontrakan dan 2 Ruko di Kampung Bali Terbakar, 8 Unit Damkar Dikerahkan

“Pemilih disabilitas yang membutuhkan pendampingan diperbolehkan didampingi oleh seseorang, biasanya anggota keluarga, dengan disertai surat pernyataan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pemungutan suara bagi mereka yang memerlukan bantuan khusus,” jelas Bambang, Rabu 9 Oktober 2024.

Lebih lanjut, KPU juga telah merencanakan aksesibilitas yang lebih baik di tempat pemungutan suara (TPS) untuk pemilih disabilitas.

Langkah-langkah ini meliputi penyediaan fasilitas seperti jalur khusus, tempat duduk yang nyaman, dan petunjuk yang jelas untuk membantu pemilih disabilitas.

Persiapan ini diharapkan dapat memfasilitasi partisipasi penuh seluruh warga, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik maupun mental.

Dengan adanya aksesibilitas yang lebih baik, diharapkan pemilih disabilitas dapat berkontribusi secara maksimal dalam proses demokrasi.

BACA JUGA:Hari Rabies Sedunia, Pemprov Bengkulu Gelar Vaksinasi dan Pemeriksaan Kesehatan Hewan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: