10 Desa di Kepahiang Masuk Kategori Tertinggal

10 Desa di Kepahiang Masuk Kategori Tertinggal

Frand Avico Jangjay, Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi, Kelembagaan Masyarakat, dan Transmigrasi Dinas PMD Kepahiang saat menjelaskan terkait 10 desa masuk dalam kategori desa tertinggal, Sabtu 23 Juli 2022.--(Sumber Foto: Hendri/Betv)

BETVNEWS, - Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dalam Indeks Desa Membangaun (IDM) tahun 2022, dari 105 desa di Kabupaten Kepahiang, sejauh ini sebanyak 10 desa masuk dalam kategori desa tertinggal. Sehingga masih harus menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:Curi HP Polisi, Warga Kebun Dahri Diciduk

Menurut Frand Avico Jangjay, Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi, Kelembagaan Masyarakat, dan Transmigrasi Dinas PMD Kepahiang, bahwa setelah dilakukan rekapitulasi dan berdasarkan aspek penilaian desa, maka memang masih ada sekitar 10 desa di Kepahiang yang dikategorikan masih tertinggal.

"Dari indeks IDM 2022, bahwa dari beberapa macam penilaian terhadap desa, berupa ketersediaan Sekolah, Fasilitas Kesehatan atau Puskesmas, Peningkatan Fasilitas Desa, Perekonomian Masyarakat, serta SDM yang ada di desa, maka memang untuk 10 desa di Kepahiang belum memenuhi hal tersebut," jelasnya.

BACA JUGA:Edukasi Kenyamanan dan Keselamatan Berkendara

Namun demikian, bahwa untuk di Kabupaten Kepahiang dari 105 desa yang ada, tidak ada satupun desa yang digolongkan sebagai desa dalam kategori desa sangat tertinggal.

"Bersyukurnya kita tidak ada yang dalam kategori sangat tertinggal, karena memang ada 4 kategori untuk hal tersebut, diantaranya desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang dan desa maju," imbuhnya.

Adapun 10 desa di Kepahiang yang masuk pada kategori tertinggal, diantaranya:

1. Desa Kota Agung.

2. Desa Talang Sawah.

3. Desa Sosokan Cinta Mandi

4. Desa Air Raman.

5. Desa Cinta Mandi Baru.

6. Desa Air Seling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: