Lanal Bengkulu launching Kampung Bahari Nusantara (KBN)

Lanal Bengkulu launching Kampung Bahari Nusantara (KBN)

Danlanal Bengkulu membuka dan meresmikan program Kampung Bahari di kawasan wisata pantai Tapak Paderi Kelurahan Kebun Keling Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu, pada Sabtu 03 September 2022 pagi. --(Sumber Foto: Abdu/Betv)

BENGKULU, BETVNEWS - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, melaunching Kampung Bahari Nusantara (KBN), yang berlokasi di kawasan wisata pantai Tapak Paderi Kelurahan Kebun Keling Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu, pada Sabtu 03 September 2022 pagi. 

Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Bengkulu Nyoman Gede Pradyana mengatakan, Program dari TNI AL ini bertujuan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat pesisir dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang dipusatkan di kawasan, Wisata Tapak Paderi kota Bengkulu. 

"Program ini bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat pesisir. pihaknya Sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, pihak Kecamatan, Kelurahan dan tokoh masyarakat setempat. Seluruh instansi Pemerintah Daerah tersebut telah menyatakan dukungannya," ungkap Danlanal. 

Ia menambahkan, Program KBN terdiri dari 5 jenis Klaster yaitu Edukasi dengan adanya rumah pintar, Ekonomi dengan meningkatkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dengan Produk unggulan berupa keripik dan Teh mangrove.

BACA JUGA:Kerugian Bencana Di Bengkulu Capai Rp 148 Miliar

Pariwisata dengan memperkenalkan lokasi wisata Tapak Paderi yang bersebelahan dengan Cagar Budaya yaitu Benteng Marlborough.

Kesehatan dengan sosialiasasi kepada masyarakat pesisir mengenai hidup sehat dan Pertahanan Wilayah dengan Pembinaan Masyarakat Nelayan sebagai garda terdepan dalam pertahanan laut .

"Jadi, program KBN ini identik dengan program Tentara Manunggal dengan Rakyat, ada kegiatan fisik dan non fisik. Kita juga berharap partisipasi dari CSR BUMN maupun swasta," terusnya.

BACA JUGA:Diancam Suami, Istri Melapor ke Polisi

Pihaknya juga tidak menutup kesempatan, jika ada pihak-pihak yang ingin bergabung mensukseskan program tersebut.

"Jika ada rekan-rekan yang ingin ikut berpartisipasi mensukseskan program ini, kita dengan senang hati akan dukung dan akan kita fasilitasi dengan memanfaatkan resousches yang ada," lanjutnya.

"Ini akan menjadi momentum untuk kita bisa mempromosikan lagi wisata pesisir yang ada di Kota Bengkulu dan pada akhirnya akan mendatangkan wisatawan lokal maupun asing," akhirnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: