Cuaca Ekstrem, BPBD Rejang Lebong Ingatkan Warga Titik Rawan Bencana

Cuaca Ekstrem, BPBD Rejang Lebong Ingatkan Warga Titik Rawan Bencana

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rejang Lebong, Don Aprisal.--(Sumber Foto: Daman/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong, mengingatkan masyarakat terhadap potensi bencana alam di kondisi cuaca ekstrem sekarang ini.

BACA JUGA:Ada Oknum Catut Identitas Kasi Pidsus Kejari Rejang Lebong, Minta Sejumlah Uang

Kabupaten Rejang Lebong berada di wilayah dataran tinggi dengan intensitas curah hujan tinggi mengakibatkannya menjadi salah satu daerah di Provinsi Bengkulu yang rawan bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

BACA JUGA:Diduga Ada Pihak Lain Terlibat Korupsi DD Lubuk Tanjung

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rejang Lebong, Don Aprisal menyampaikan beberapa titik rawan bencana alam di Kabupaten Rejang Lebong seperti banjir di wilayah Kecamatan Curup Kota, kemudian Sindang Beliti Ilir, Sindang Beliti Ulu dan Kecamatan Kota Padang.

BACA JUGA:Komplotan Pembobol Rumah dan Pondok Kebun Diamankan

"Kalau untuk banjir yang sedang berlangsung seperti cuaca sekarang dan sedang kami tangani itu ada 5 kecamatan yang rawan ya, itu di Curup Tengah, Curup Timur, Curup Utara, Curup Selatan dan Curup,” ujarnya (Senin 6 Desember 2023).

BACA JUGA:BPBD Rejang Lebong Sosialisasi Desa Tangguh Bencana

Selanjutnya daerah rawan tanah longsor meliputi sejumlah desa l di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel, di wilayah pedalaman seperti Kecamatan Kota Padang dan Sindang Dataran serta sepanjang Jalan Lintas Curup-Kabupaten Lebong.

BACA JUGA:Tertimbun Longsor, Akses Jalan Curup-Lebong Putus Total

"Kemudian juga itu untuk longsor, kami juga pernah menanggani di Kota Padang, Sindang Dataran, Sindang Kelingi dan Curup Selatan,” tambahnya.

BACA JUGA:Bupati Rejang Lebong Akhirnya Mengakui Teken Surat CSR Bank Bengkulu

Sedangkan angin puting beliung kebanyakan terjadi dalam wilayah Kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya.

BACA JUGA:IRT Ditemukan Meninggal Dunia di Wilayah Perkebunan dengan Luka Sayatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: