DPK Provinsi Bengkulu Komitmen Jadikan Perpustakaan Pusat Edukasi dan Literasi

DPK Provinsi Bengkulu Komitmen Jadikan Perpustakaan Pusat Edukasi dan Literasi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu menerima Mahasiswa Praktik Kerja Perpustakaan, Mahasiswa Sarjana Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Politik Universitas Terbuka (UT) Semester 2022/2023 Genap, Selasa 2 M--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu berkomitmen menjadikan perpustakaan sebagai pusat edukasi dan literasi melalui program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).


Mahasiswa UIN FAS Bengkulu Prodi Sejarah, Kamis 11 Mei 2023.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Sehingga kualitas fasilitas pelayanan perpustakaan secara maksimal terus ditingkatkan, salah satunya melalui program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

 

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd mengatakan, dengan komitmen tersebut kualitas fasilitas pelayanan perpustakaan secara maksimal terus ditingkatkan. 


Kunjungan Mahasiswa UIN FAS Bengkulu dalam rangka melaksanakan perkuliahan di DPK Provinsi Bengkulu.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Salah satunya menyambut kunjungan mahasiswa hingga pelajar ke Perpustakaan Daerah Provinsi Bengkulu. Contohnya yang telah dilakukan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Soekarno (FAS) Bengkulu Program Studi (Prodi) sejarah. Dimana kunjungan itu dalam rangka melaksanakan perkuliahan di Perpustakaan Daerah (Perpusda).

 

Selain itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu melakukan Bimbingan kepada 12 Mahasiswa Praktik Kerja Perpustakaan, Mahasiswa Sarjana Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Politik Universitas Terbuka (UT) Semester 2022/2023 Genap, Selasa 23 Mei 2023.


DPK Provinsi Bengkulu melakukan bimbingan kepada 12 Mahasiswa Praktik Kerja Perpustakaan, Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Perpustakaan, Mahasiswa Sarjana Universitas Terbuka.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Dermasiah, A.Md sebagai Narasumber memberikan materi dan Prakter mengenai Katalogisasi Perpustakaan. Pengertian katalogisasi merupakan sebuah proses pembuatan katalog dari suatu bahan pustaka yang merupakan kegiatan merekam data bibliografi, misalnya seperti pengarang, judul, tempat terbit, penerbit, tahun terbit, dan lain sebagainya

 

Berangkat dari pengertian tersebut, maka proses katalogisasi tidak hanya mengkatalog buku-bukunya saja, tetapi juga seluruh bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan. Mulai dari bahan pustaka yang berupa buku, bahan pustaka yang bukan berupa buku, misalnya surat kabar, majalah, brosur, kliping, dan juga laporan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: