26 Oktober Memperingati Hari Meletusnya Gunung Merapi, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

Kamis 26-10-2023,11:13 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

BACA JUGA:Hari Babat Sedunia 24 Oktober: Nikmati Sajian Babat Sapi Asam Manis, Cek Resepnya Disini

Bukan hanya warga Yogyakarta, dampak letusan Gunung Merapi juga mencapai di Magelang, Klaten dan Boyolali. 

Bukan hanya mengalami kerugian raga namun warga yang terdampak juga kerugian materil. Banyak rumah yang akhirnya ditinggalkan karena sudah tidak layak lagi untuk dihuni. 

 

Erupsi Gunung Merapi juga berdampak pada sejumlah sekor seperti sektor  sosial, ekonomi,  infrastruktur, dan sektor lainnya yang mengakibatkan terganggunya aktivitas di sekitar Gunung Merapi.

BACA JUGA:25 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Seniman Internasional dan Hari Pasta Sedunia

2. Hari Kanker Payudara Sedunia

Di beberapa wilayah di dunia, peringatan yang juga dikenal sebagai International Day Against Breast Cancer ini diperingati setiap tanggal 26 Oktober. 

Sebab, Hari Kanker Payudara Sedunia memiliki tanggal peringatan yang berbeda-beda. Laman Universidad de Mendoza mengatakan bahwa   Hari Internasional untuk Melawan Kanker Payudara jatuh pada tanggal  19 Oktober.

Sementara itu, menurut National Breast Cancer Foundation menyatakan bahwa  Hari Mamografi Nasional  atau    National Mammography Day jatuh pada  Jumat ketiga bulan Oktober. Dimana tahun ini bertepatan dengan tanggal 20 Oktober 2023. Mamografi adalah salah satu metode untuk mendeteksi dini kanker payudara.

Kemudian, jika mengutip Breastcancer.org,  tanggal  13 Oktober  ditetapkan pemerintah AS sebagai Hari Kesadaran Kanker Payudara Metastatik.

BACA JUGA:24 Oktober Diperingati Sebagai Hari Perserikatan Bangsa-bangsa, Cek Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

Selanjutnya pada 2021,   Presiden Joe Biden   mengingatkan akan bahaya penyakit tersebut bahkan terhadap kaum pria dan  menetapkan 17-23 Oktober sebagai Minggu Kesadaran Kanker Payudara Pria.

Sementara melansir dari laman Diskominfo Jember, Wakil Ketua Lovepink Indonesia Tri Oetami menyebut bahwa setiap tanggal 26 Oktober diperingati sebagai Hari Kanker Payudara Sedunia. Dengan demikian, beberapa wilayah di Indonesia ikut merayakan peringatan ini di tanggal 26 Oktober.

Momen ini menjadi hari untuk meningkatkan kesadaran orang-orang mengenai kanker payudara serta pentingnya deteksi dini, pengobatan, dan juga dukungan untuk para penderita kanker payudara.

Hari Kanker Payudara Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait segala hal yang menyangkut penyakit kanker payudara. 

Kategori :