Ini 5 Obat Alami yang Ampuh Meringankan Sesak Napas, Ada Madu hingga Peppermit, Cek Khasiatnya di Sini

Sabtu 28-10-2023,22:13 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

Kandungan gingerol dan shogaol yang terdapat pada jahe dapat mengobati sesak napas secara alami karena dapat melonggarkan saluran pernapasan. Oleh karena itu, jahe digunakan sebagai obat herbal.

Cara mengkonsumsi jahe untuk meredakan pernapasan adalah dengan menjadikan jahe sebagai teh dengan cara merebus jahe yang sudah di geprek selama 10-20 menit. Setelah itu, air rebusan tersebut diminum dengan madu atau lemon untuk rasa yang lebih enak.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu! Membantu Atasi Batu Ginjal hingga Redakan Asam Urat, Ini 10 Manfaat Daun Meniran

3. Minyak esensial eucalyptus

Obat sesak napas alami selanjutnya adalah minyak esensial eucalyptus atau minyak kayu putih yang ampuh mengatasi gangguan pada pernapasan seperti sesak napas.

Kandungan antiradang yang ada di dalam minyak kayu putih dipercaya dapat melegahkan saluran pernapasan sehingga dapat meredakan sesak napas.

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu cukup meneteskan minyak kayu putih ke dalam air hangat lalu menghirup uapnya, minyak ini tidak dianjurkan untuk diminum ya.

BACA JUGA:Selain Menyegarkan, Ternyata Mandi Pagi Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, yang Mager Mandi Wajib Baca!

4. Omega-3

Obat sesak napas alami selanjutnya adalah omega-3, kandungan asam lemak yang terdapat pada omega-3 ternyata ampuh meredakan sesak napas karena memiliki efek antiradang. Tidak hanya itu, omega-3 juga dapat  meningkatkan fungsi paru-paru sehingga dapat membuat pernapasan lebih nyaman.

Kandungan omega-3 bisa kamu dapatkan dibanyak makanan seperti, ikan salmon, ikan kembung, kacang kenari, telur dan makanan lainnya.

BACA JUGA:Ternyata Bisa Jadi Pembalut Luka, Ini 5 Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan, Cek Kandungannya!

5.  Peppermint

Obat alami terakhir yang dapat meredakan sesak napas adalah peppermint, kandungan asam rosmarinic yang terdapat di dalamnya dipercaya dapat mengurangi gejala alergi termasuk sesak napas.

 

Di sisi lain, peppermint sangat mudah diolah untuk menjadi obat alami gangguan pernapasan, kamu cukup menyeduh daun peppermint ke dalam air hangat lalu diamkan selama lima menit baru diminum.

Kategori :