Sikat Gigi Aja Enggak Cukup Atasi Gigi Kuning, Coba Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

Selasa 12-12-2023,21:41 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Ada penyebab gigi menjadi kuning, hal ini ternyata dapat dipengaruhi oleh beberapa makanan dan minuman. Tentunya jika kamu sangat peduli dengan kesehatan gigi, cara mudah untuk hilangkan gigi kuning adalah dengan menghindari mengonsumsi makanan atau minuman ini.

Tidak cukup hanya dengan sikat gigi, sebagaimana penyebab utama dari gigi menguning yakni karena kandungan kromogen atau zat warna yang ada pada makanan atau minuman.

BACA JUGA:Kaya Vitamin C, Berikut Manfaat Jeruk untuk Kesehatan, Bikin Kulit Sehat hingga Cegah Anemia, Cek Kandungannya

Zat warna inilah yang akhirnya menyebabkan noda di lapisan enamel gigi. Sama halnya dengan tingkat keasaman makanan dan minuman, sebab kadar asam tinggi dapat mengikis lapisan tersebut.

Ada beberapa penyebab terjadinya perubahan warna pada gigi, lalu memicu gigi menjadi kuning, dikutip dari laman alodokter.com, yakni:

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini Cara Merebus Daun Salam untuk Ramuan Kesehatan, Rasakan Sensasi Khasiat dan Perubahannya

1. Buah berwarna pekat

Ternyata mengonsumsi buah-buahan dengan warna yang pekat dapat meninggalkan noda pada gigi, misalnya blueberry, tomat, blackberry, cranberry, ceri, anggur, dan delima. 

Pasalnya, pigmen warna dan partikel organik yang ada pada buah-buahan tersebut dapat masuk ke bagian pori-pori enamel gigi dan juga menempel, sehingga gigi menjadi berubah warna kuning.

Risiko ini tidak hanya berlaku saat kamu mengonsumsi buah secara langsung, tapi juga saat memakan makanan atau minuman yang diolah dari buah-buahan tersebut (makanan atau minuman siap saji).

BACA JUGA:Cek 12 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Wanita Harus Tahu! Dipercaya Ampuh Atasi Kulit Kering dan Kerutan

2. Kopi dan teh hitam

Salah satu penyebab gigi menjadi kuning adalah dengan mengonsumsi kopi dan teh hitam karena dua minuman tersebut mengandung kromogen yang cukup tinggi. 

Kromogen adalah zat warna yang bisa meninggalkan noda di enamel gigi, sehingga membuat warna putih pada enamel gigi menjadi tertutupi.

Tak hanya itu, kopi memiliki kandungan tanin dan asam tinggi, sehingga konsumsinya dapat berpengaruh pada warna gigi. Pasalnya, tanin juga dapat meninggalkan noda di gigi sementara zat asam membuat penyerapan tanin lebih mudah.

Kategori :