Sikat Gigi Aja Enggak Cukup Atasi Gigi Kuning, Coba Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

Selasa 12-12-2023,21:41 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BACA JUGA:Tidak Hanya untuk Hiasan, Ini 5 Manfaat Buah Ceri bagi Kesehatan, Auto Mampu Membuatmu Tidur Nyenyak

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda berwarna gelap ini memiliki sifat asam dan kaya kromogen, sehingga bila mengonsumsinya dapat menguningkan gigi. Tidak hanya minuman berkarbonasi saja, minuman berenergi juga bisa menyebabkan gigi kuning.

Berdasarkan studi menunjukkan bahwa minuman berenergi punya keasaman tinggi, sehingga konsumsinya dapat membuat enamel gigi ikut terkikis.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Teh Bunga Telang untuk Kesehatan, Nomor 4 Sangat Dibutuhkan Tubuh

4. Permen

Tak heran jika aneka jenis permen dengan pewarna buatan, terutama pada warna gelap, dapat membuat noda ringan di gigi, apalagi saat dikonsumsi secara rutin.

Tanda permen yang dikonsumsi tersebut dapat meninggalkan noda atau tidak adalah dengan cara melihat warna yang tertinggal di lidah setelah memakannya.  Bila ada, besar kemungkinannya permen itu juga akan meninggalkan noda pada gigi.

BACA JUGA:Cek 6 Manfaat Minum Teh Jahe untuk Kesehatan, Diduga Ampuh Atasi Perut Kembung hingga Meningkatkan Sistem Imun

5. Wine

Tak hanya itu saja, sejenis wine juga termasuk minuman yang memiliki kandungan kromogen, sehingga konsumsinya bisa meningkatkan risiko gigi menjadi kuning. Selain itu wine juga mengandung tanin yang dapat menjadi pemicu noda di gigi.

6. Tembakau

Selain itu merokok juga menyebabkan noda pada gigi. Pasalnya, bukan hanya dengan mengisap, tapi mengunyah tembakau juga memberi efek yang sama pada gigi.

BACA JUGA:Mau Kulit Terawat Alami Tanpa Skincare? Coba Manfaatkan 6 Tanaman Ini, Dipercaya Baik untuk Kesehatan

Inilah beberapa penyebab gigi menjadi kuning yang perlu kamu hindari. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :