12 Februari Memperingati Hari Pelukan, Cek Daftar Peringatan Lain di Tanggal Ini

Senin 12-02-2024,13:08 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

Peringatan ini diadakan sebagai momen untuk mengajak semua orang bertindak guna mengakhiri tentara anak-anak.

Peringatan juga dikenal sebagai 'Hari Internasional Menentang Penggunaan Tentara Anak-anak.' 

Permohonan diajukan kepada pemerintah dan para pemimpin politik, dan berbagai acara digelar untuk mengakhiri penggunaan anak-anak sebagai tentara dan memulangkan mereka. 

Kampanye Tangan Merah adalah gerakan tingkat internasional di mana anak-anak dan orang dewasa mengecat tangan mereka dengan warna merah dan menyerukan kepada para pemimpin politik untuk mengakhiri penggunaan anak-anak sebagai tentara.

Berbagai organisasi anak dan hak asasi manusia memanfaatkan hari ini untuk menarik perhatian dunia terhadap isu penggunaan anak dalam konflik bersenjata. 

BACA JUGA:6 Februari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Anti Sunat Perempuan Internasional

3. Hari Epilepsi Internasional

Hari Epilepsi Internasional diperingati setiap Senin kedua di bulan Februari, dimana tahun ini jatuh pada tanggal 12 Februari. 

Peringatan ini merupakan hari kesadaran khusus yang diadakan untuk menyoroti tantangan yang dihadapi oleh penderita epilepsi. 

Selain itu, peringatan ini diadakan untuk mengedukasi masyarakat umum tentang epilepsi dan mengajari masyarakat bagaimana memberikan perawatan yang lebih baik bagi orang yang hidup dengan gangguan tersebut.

BACA JUGA:5 Februari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Bencana

Epilepsi, juga dikenal sebagai gangguan kejang, merupakan kelainan neurologis paling umum keempat dan salah satu kondisi medis tertua yang diketahui. 

Kondisi tersebut menyebabkan aktivitas listrik di otak terhenti dalam waktu singkat, sehingga menyebabkan kejang berulang. 

Hari Epilepsi Internasional merupakan gagasan dari Biro Internasional untuk Epilepsi dan Liga Internasional Melawan Epilepsi pada tahun 2015.

Demikian informasi mengenai daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 12 Februari. Semoga bermanfaat. (*) 

 

Kategori :