Lakukan Sekarang Sebelum Terlambat! Begini Cara Mencegah DBD dengan 3M

Jumat 03-05-2024,21:42 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Segera lakukan langkah pencegahan demam berdarah (DBD) dengan 3M mulai dari sekarang, yuk simak ulasannya di sini.

Penyakit demem berdarah merupakan salah satu ancaman kesehatan yang tergolong ke dalam katagori bahaya. Hal tersebut karena DBD dapat menyebabkan kematian.

Diketahui, demam berdarah desebabkan oleh virus dari gigitan nyamuk yang bernama Aedes Aegypti.

BACA JUGA:Waspada Demam Berdarah! Segera Lakukan Pencegahan dengan Cara Ini

Nyamuk ini memiliki ciri-ciri berwarna belang hitam putih di sekujur tubuhnya.Ciri lain dari nyamuk ini adalah sangat menyukai tempat lembap dan kotor seperti bak mandi yang airnya jarang diganti, sudut ruangan yang jarang dibersihkan, atau area rumah yang lembap.

Virus dari gigitan nyamuk ini bisa menyebabkan demam tinggi, menggigil, sakit kepala parah, nyeri otot, hingga gangguan pencernaan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu cara mencegah demam berdarah adalah menerapkan 3M.

BACA JUGA:Baik Dikonsumsi saat Sakit Demam Berdarah, Ini 10 Makanan yang Efektif Tingkatkan Kadar Trombosit

3M adalah menguras bak mandi dan tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, dan memanfaatkan kembali limbah barang bekas.

Dengan menguras bak mandi secara rutin maka nyamuk demam berdarah akan enggan bersarang, begitu juga dengan menutup rapat penampungan air.

Memanfaatkan kembali limbah juga termasuk cara mencegah demam berdarah. Hal tersebut karena nyamuk Aedes Aegypti sangat menyukai tempat sampah atau bau busuk sehingga dengan mendaur ulang kembali sampah meminimalisir adanya sarang nyamuk demam berdarah.

BACA JUGA:Penting Diketahui! 5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Demam Berdarah, Salah Satunya Makanan Pedas

Selain menerapkan 3M, masih ada beberapa cara untuk mencegah penyakit demam berdarah seperti menjaga kebersihan bak mandi, memanfaatkan hewan peliharaan dan tanaman, hingga mengurangi akses nyamuk masuk ke dalam ruamh.

Hal ini harus dilakukan terutama pada musim penghujan, dengan tujuan agar terhindar dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang dapat menyebabkan demam berdarah.

BACA JUGA:Kenali 6 Ciri Nyamuk Aedes Aegypti Penyebab Demam Berdarah, Salah Satunya Berwarna Hitam Putih

Kategori :