Tingginya Angka Pengangguran Masih Jadi PR Besar Pemkab Seluma

Selasa 14-05-2024,16:32 WIB
Reporter : Julyan Pabella
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Seluma mencatat jumlah angka tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Seluma terus mengalami peningakatan.

Merujuk data BPS, tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Seluma meningkat sebanyak 0.94 persen menjadi 2,68 persen di tahun 2023. Sedangkan di tahun 2022 tingkat pengangguran terbuka hanya 1.74 persen. 

BACA JUGA:Tiba Minggu Depan, Kabupaten Seluma Terima Bantuan 160,5 Ton Benih Padi dari Kementan

Artinya jika jumlah penduduk Kabupaten Seluma sebanyak 213.755 orang, maka pada tahun 2022 ada 3.719 pengangguran dan pada tahun 2023 ada 5.728 orang pengangguran. 

BACA JUGA:Barisan Kursi Kosong Paripurna DPRD Kepahiang Hari Ini, Hanya 13 yang Hadir

Kepala BPS Seluma Novrizal mengatakan, salah satu faktor dari meningkatnya angka pengangguran di Seluma adalah minimnya lapangan kerja.

"Salah satunya minimnya lapangan kerja, sehingga peluang kerja  berkurang dan juga kurangnya skill masyarakat terhadap pekerjaan yang ada," sampainya, Selasa 14 Mei 2024.

BACA JUGA:Optimis Diusung Partai Hanura

Kendati demikian, akhir-akhir ini wilayah Kabupaten Seluma, sudah mulai masuk perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan. 

Hanya saja, meski banyak perusahan yang masuk ke Kabupaten Seluma, namun angka pengangguran masyarakat setempat masih terbilang tinggi.

BACA JUGA:Punya Segudang Prestasi, Erwin Octavian Bidik Jonaidi SP untuk Wakil Bupati Seluma

"Ini menjadi PR Pemkab Seluma, khususnya Bupati, agar persoalan ini dapat diatasi dan ke depannya angka pengangguran di Kabupaten Seluma ini dapat mengalami penurunan," ujarnya.

BACA JUGA:Bawaslu Seluma Gelar Tes Tertulis Calon Anggota Panwascam Pilkada 2024

Ditambahkannya, pihak terkait diharapkan bisa memberikan pendidikan dan pelatihan yang lebih ekstra terhadap masyarakat mendorong wirausaha dan perbanyak program magang dan praktik kerja. Sehingga dapat terciptanya SDM unggul yang mempunyai keterampilan dan mampu bersaing di dunia kerja maupun kewirausahawan. (*)

Kategori :