8 Tips Jitu Merebus Daging Kambing dan Sapi, Gunakan Teknik 5-30-7, Dijamin Empuk Nggak Bau Prengus

Jumat 24-05-2024,12:40 WIB
Reporter : Rizki
Editor : Ria Sofyan

BACA JUGA:Tidak Hanya Enak, Ini 7 Manfaat Konsumsi Daging Sapi yang Jarang Diketahui

Lemak yang menempel pada daging biasanya berwarna putih. Cara menghilangkan lemak pada daging kambing dan sapi cukup dengan mengiris dan membuang bagian berwarna putih tersebut.

Tidak perlu membuat daging benar-benar lepas dari lemak ya karena dapat mengurangi rasa gurih pada olahan daging. Setidaknya kurangi lemak yang paling dominan untuk mengurangi bau yang tidak sedap.

BACA JUGA:5 Cara Mudah Masak Daging Kurban Biar Gak Keras, Jadi Lebih Empuk dan Lembut

2. Jangan Mencuci Daging

Tips kedua sebelum merebus daging kambing dan sapi adalah jangan dicuci. Agar daging tidak berbau amis saat dimasak disarankan untuk tidak mencuci daging kabing ataupun sapi.

Jika dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak malah dapat mempertajam bau dan berisiko membuat daging menjadi alot. Jadi, sebaiknya daging langsung dimasak atau direbus. Satu tips lagi, sebaiknya mulai rebus dengan air bersuhu ruang, bukan air mendidih.

BACA JUGA:4 Resep Masakan Rumahan Ini Wajib Kamu Coba, Ada Tumis Daging Kentang hingga Sayur Rainbow

3. Rebus Bersama Rempah

Tips merebus daging kambing dan sapi agar tidak bau dapat menggunakan beragam macam rempah-rempah. Bau yang muncul dari daging dapat dihilangkan dengan menambahkan rempah-rempahan alami seperti daun jeruk, jahe, serai, ketumbar, atau daun kemangi pada air rebusan.

Rempah-rempah ini diketahui dapat mengeluarkan aroma wangi yang mampu mengurangi bau amis daging. Daging kambing direndam dengan ketumbar dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Cara ini akan menghilangkan bau amis sekaligus membuat rasa lebih nikmat.

BACA JUGA:Ini Tanggapan BKSDA soal Temuan Ratusan Kilo Daging Celeng Ilegal Asal Bengkulu di Lampung

4. Daging Direndam dan Dimasak dengan Nanas

Tips sebelum merebus daging agar tidak bau prengus dapat menggunakan buah nanas ataupun mentimun. Selain mengatasi bau amis, nanas dan mentimun dapat mengempukan daging.

Caranya cukup dengan mencampurkan daging kambing ke dalam buah nanas yang sudah diparut, remas perlahan lalu diamkan beberapa saat.

Buah nanas juga bisa direbus bersamaan dengan dagingnya. Selain nanas, juga bisa menggunakan mentimun. Caranya hampir sama seperti buah nanas.

Kategori :