5 Manfaat Bacakan Buku pada Bayi, Mampu Kenalkan Kosakata dan Bangun Hubungan dengan Orang Tua

Sabtu 01-06-2024,16:40 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BACA JUGA:Mengenal Istilah Tantrum pada Anak yang Bikin Orang Tua Serba Salah, Ini Cara Mengatasinya

2. Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

Manfaat membacakan buku untuk bayi selanjutnya adalah untuk dapat meningkatkan imajinasi dan juga merangsang kreativitas anak. 

Kreativitas ini nantinya akan sangat penting untuk dapat mengembangkan minat dan juga ide serta dapat membantu mengelola emosi anak kelak saat mereka tumbuh dewasa. 

BACA JUGA:Jangan Salah Langkah, Ini 6 Cara Atasi Anak Tantrum yang Bisa Dilakukan Orang Tua

3. Merangsang Fungsi Otak

Orang tua yang rutin membacakan buku untuk anak juga dapat membantu merangsang fungsi otak anak hingga fungsi otak mereka akan menjadi makin aktif. 

Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan jika membacakan cerita ini mampu untuk merangsang bagian otak yang terhubung dnegan kemampuan untuk berbahasa dan juga pemahaman. 

BACA JUGA:Inilah Sederet Makanan Ampuh Mencegah Mata Minus Pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Bahkan anak yang sejak kecil telah terbiasa dibacakan buku oleh orang tuanya akan lebih mudah saat belajar membaca nantinya. 

4. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak

Membacakan cerita pada anak juga dapat mengembangkan kemampuan kognitif mereka, seperti kemampuan atensi atau perhatian, ingatan, penggunaan kata-kata, pemecahan masalah dan juga kemampuan untuk berpikir logis. 

BACA JUGA:Anak Tantrum Bikin Heboh? 6 Cara Ini Bisa Bantu Orang Tua untuk Mengatasinya

Oleh sebab itu, hal ini juga sangat penting untuk dapat membantu anak bersosialiasi saat mereka beranjak dewasa nantinya. 

Dengan membaca, bayi dapat meningkatkan keterampilan bahasa dengan menyalin suaram mengenali gambar dan juga belajar kata-kata. 

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebab Anak Tantrum yang Bikin Orang Tua Kewalahan, Salah Satunya Karena Stres

Kategori :