Kesehatan Mental Makin Terjaga, Coba Lakukan 7 Cara Efektif Ini

Sabtu 01-06-2024,21:45 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Setiap orang tentu memiliki persoalan dalam hidup hingga mempengaruhi kesehatan mental. Meski begitu ada beberapa cara efektif untuk menjaga mental tetap sehat, simak ulasannya di sini.

Bukan hanya fisik, mental juga perlu untuk dijaga sehingga kehidupan berjalan dengan baik. Kamu bisa menikmati hidup dengan bebas asal dalam batas yang wajar.

Kesehatan mental atau kesehatan jiwa merupakan suatu kondisi kesehatan yang berkenaan dengan emosi, kejiwaan, hingga psikis seseorang.

Kesehatan mental ini tidak hanya mengacu kepada kesejahteraan emosional saja, tetapi juga terkait seseorang yang berpikir dan berperilaku.

BACA JUGA:Tantangan Mental Gen Z dalam Membangun Resiliensi

Tidak sedikit orang mengalami gangguan mental, hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor yang membuat seseorang terlihat lemah dikondisi tertentu.

Bahkan ada peringatan tentang kesehatan mental tersebut. Sehingga bukan tanpa alasan peringatan ini ada, karena bertujuan untuk dapat menambah kesadaran serta edukasi kepada masyarakat.

Bisa memulainya dengan melakukan rutinitas yang disukai untuk menghindari gangguan mental tersebut. Terlebih kamu juga perlu menjauhkan diri dari hal-hal negatif.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan ketika mengalami hal tersebut.

BACA JUGA:Mengenali Tanda Mati Rasa dan Kelelahan Mental Wanita, Ini yang Bisa Dilakukan

7 cara menjaga kesehatan mental

1. Mindfulness

Suatu kesadaran atau perhatian penuh oleh pikiran, perasaan dan lingkungan di mana tempat kamu tinggal. Hal lain dari mindfulness, yakni tentang perhatian dan kesadaran penuh dari seseorang sehingga membantu kamu mengenal diri sendiri.

Sehingga mindfulness juga bertujuan agar seseorang dapat menghadapi tantangan dan mengubah pandangan dalam hidup menjadi lebih positif.

2. Kurangi mengkonsumsi kafein

Kategori :