Hidup Lebih Bahagia, Ini 7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Agar Pandai Bersyukur

Jumat 07-06-2024,20:43 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

Selain itu, dapat pula memulainya dengan melakukan hal yang bermanfaat, misalnya membaca Al-Qur'an, mengikuti beberapa kajian Islam serta berbuat kebaikan. Hal yang tidak baik yang perlu dihindari yakni menonton porno, berkumpul dengan pecandu dan pezina, hingga nongkrong di klub.

BACA JUGA:Amalkan Bacaan Dzikir dan Doa Ini Setelah Salat, Lakukan Rutin hingga Bertambah Rasa Syukur!

Semua hal tersebut sangat diharuskan dihindari agar tak terjerumus dalam masa kelam. Jika saja hati yang kamu miliki bersih, tentu saja akan mudah bagi dirimu untuk mendekatkan diri kepada-Nya, kemudian memperbanyak rasa syukur.

4. Beryukur dengan anggota tubuh

Selanjutnya ada cara untuk mensyukuri dengan anggota tubuh, maksudnya kita menggunakan anggota tubuh yang dimiliki untuk melakukan perbuatan baik. Sebagaimana anggota tubuh dapat bekerja sesuai apa yang kita inginkan, setidaknya mensyukuri hal tersebut karena masih dapat menikmati segala sesuatunya dan berbuat kebaikan.

Tentu saja, anggota tubuh yang lengkap adalah suatu nikmat yang luar biasa, sehingga seharusnya dapat memanfaatkan untuk hal-hal yang baik serta dapat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangannya.

BACA JUGA:Bikin Hati Tenang! Ini 6 Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah, Isi Harimu Dengan Rasa Syukur

5. Mengungkapkan kalimat-kalimat pujian untuk Allah

Rasa syukur ini hendaknya juga diucapkan secara lisan, sambil melafalkan pujian-pujian kepada Allah. Hal ini akan membuat diri kita semakin dicintai oleh-Nya.

Dengan memperbanyak dzikir, seperti Subhanallah, Alhamdulillah, la illaaha illallah, Allahu Akbar, Subhanallah wa bihamdihi. Rasulullah bersabda, "Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai (oleh) Allah Yang Maha Pengasih, yaitu kalimat "Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil'Adzim". (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Beramal kepada orang yang membutuhkan

Allah SWT berfirman: "Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur)." (QS. Adh-Duha:11)

BACA JUGA:Masya Allah, 7 Hikmah Beriman Kepada Qada dan Qadar Allah, Jadi Seseorang Lebih Banyak Bersyukur!

Dengan berbagi sesama manusia kita sudah mensyukuri nikmat yang diberikan, kemudian memberi kepada orang lain adalah kebaikan. Tidak hanya itu, kegiatan ini dilakukan sebab kita berbagi kebahagiaan kepada orang lain, sebagai tanda syukur atas karunia-Nya.

7. Mengadakan acara syukuran

Ketika ada hajat tertentu, kamu dapat membuat suatu acara sebagai tanda syukur. Karena itu tidak ada salahnya untuk mengadakan acara syukuran, sebagaimana hal tersebut merupakan tanda syukur kepada Allah.

Kategori :