7 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Salah Satunya Ampuh Obati Wasir

Jumat 14-06-2024,01:00 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Jika kamu tengah dalam program diet, buah yang satu ini bisa membantumu untuk menurunkan berat badan lantaran buah ini kaya akan kandungan serat. 

Kandungan serat yang ada di dalam buah belimbing wuluh ini dapat memberikan efek kenyang lebih cepat dan juga bertahan lama sehingga keinginan untuk makan akan berkurang. 

BACA JUGA:Segar dan Enak, Ini 7 Manfaat Buah Belimbing yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Dapat Menyembuhkan Luka

Karena itu buah belimbing wuluh cocok untuk kamu yang ingin diet karena dapat mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan. 

5. Mengontrol Gula Darah

Belimbing wuluh juga dapat bermanfaat untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh karena kandungan flavonoid yang ada di dalamnya dapat membantu memantau aktivitas insulin di dalam tubuh. 

BACA JUGA:Cobain 4 Resep Minuman Belimbing Segar Ini, Lebih Nikmat Sajikan Saat Dingin, Cek Cara Membuat di Sini

Selain itu, kandungan serat yang tinggi di dalamnya juga dapat membantu mencegah lonjakan kadar glukosa setelah makan sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat belimbing wuluh lainnya adalah untuk mempercepat penyembuhan luka lantaran buah ini mengandung banyak vitamin C. Vitamin C inilah yang berperan untuk merangsang pembentukan kolagen yang baik untuk kulit. 

BACA JUGA:Cobain Resep Es Teh Belimbing Wuluh Ini, Nikmat dan Menyegarkan! Cocok Disajikan untuk Lebaran

Kolagen juga baik untuk proses penyembuhan luka. Kamu hanya perlu menumbuk buah atau daun belimbing wuluh dan menempelkannya ke luka yang ada di tubuh lalu biarkan efeknya bekerja. 

Saat ditempelkan, luka akan terasa perih karena kandungannya, namun hal tersebut akan hilang dengan sendirinya dan luka akan lebih cepat kering dan sembuh. 

BACA JUGA:4 Resep Es Belimbing Ini Bisa Jadi Menu Buka Puasa, Segar dan Bikin Nikmat, Cek Cara Membuatnya

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah belimbing wuluh juga dapat bermanfaat unuk menjaga kesehatan tulang karena buah ini kaya akan kalsium. 

Kategori :