Atasi Kolesterol Tinggi dengan 7 Makanan Ini, Ada Pisang hingga Alpukat

Selasa 18-06-2024,10:30 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

1. Pisang

Makanan pertama yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuhmu adalah buah pisang. Buah yang satu ini memiliki rasa yang lezat serta mudah untuk didapatkan. 

Pisang baik dikonsumsi oleh mereka yang mengidap kadar kolesterol tinggi karena mengandung zat inulin yang dapat membantu tubuh untuk mengendalikan kadar kolesterol sehingga kadar kolesterol ini akan tetap normal. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Bahan Alami Ampuh Mencegah Kolesterol, Paling Jitu Pakai Jambu Biji Sampai Alpukat

Kamu dapat mengonsumsi buah pisang ini dengan berbagai cara, baik dikonsumsi secara langsung atau dikonsumsi dengan cara di jus. Jus pisang lebih direkomendasikan karena dapat menurunkan kolesterol dengan cepat. 

2. Sayuran Hijau

Selain jus pisang, kamu juga dapat mengonsumsi sayuran hijau yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh seperti sayur bayam ataupun kangkung. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Bahan Alami Ampuh Mencegah Kolesterol, Paling Jitu Pakai Jambu Biji Sampai Alpukat

Sayuran hijau telah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh, sayuran hijau ini mengandung antioksidan yang dapat mengikat asam empedu yang berasal dari kolesterol. 

Oleh sebab itu, akumulasi kolesterol dalam darah dapat dikurangi dengan mengonsumsi sayuran hijau ini. Selain itu, sayuran hijau juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung jika dikonsumsi secara rutin. 

BACA JUGA:6 Tips Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi di Dalam Tubuh, Salah Satunya Batasi Asupan Gula Tambahan

3. Beras Merah

Jika kamu ingin menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, kamu bisa mengganti beras putih yang biasa kamu konsumsi ke beras merah yang mengandung banyak nutrisi.

Beras merah mengandung vitamin B, magnesium, selenium dan juga fitonutrien yang bermanfaat untuk tubuh termasuk menurunkan kadar lemak di dalam darah. 

BACA JUGA:Hindari 5 Jenis Makanan Tinggi Lemak Berikut Ini, Bisa Menyebabkan Kadar Kolesterol Tubuhmu Naik Drastis

Selain itu, kandungan serat pada beras merah yang tinggi juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh agar tetap normal dan stabil. 

Kategori :