Atasi Kolesterol Tinggi dengan 7 Makanan Ini, Ada Pisang hingga Alpukat

Selasa 18-06-2024,10:30 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

4. Gandum

Selain beras merah, gandum juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh berkat kandungan seratnya yang tinggi, kamu juga dapat menggunakan gandum untuk menurunkan berat badan. 

BACA JUGA:12 Rekomendasi Buah Sehat Jitu Mengatasi Kolesterol Tinggi di Dalam Tubuh Kamu

Kandungan serat larut air yang ada di dalam gandum merupakan jenis beta-glukan sehingga dapat membantu menjaga metabolisme tubuh agar tetap sehat. 

5. Ikan Salmon

Ikan salmon juga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tidak hanya itu, ikan yang satu ini juga memiliki daging yang lezat serta kandungan omega-3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol. 

BACA JUGA:Kenali 7 Gejala Tubuh Mengalami Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Nyeri Dada, Cek Tanda Lainnya di Sini

Bukan hanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, ikan salmon juga dapat menurunkan trigliserida sehingga dapat menjaga kesehatan jantung. Saat hendak mengonsumsinya, pastikan untuk tidak menggunakan minyak agar dapat memperoleh manfaatnya secara optimal. 

Selain ikan salmon, kamu juga dapat mengonsumsi jenis ikan lainnya yang tinggi kandungan asam lemak omega-3 seperti sarden, tuna, makarel dan juga ikan kembung. 

BACA JUGA:Pengidap Kolesterol Boleh Makan! Ini 7 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

6. Alpukat

Makanan selanjutnya yang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh adalah buah alpukat yang merupaka buah yang kaya akan serat dan juga lemak tak jenuh tunggal. 

Selain kandungan tersebut, alpukat juga mengandung polifenol serta nutrisi fitosterol yang dapat mempertahankan kadar kolestrol di dalam tubuh agar rendah jika dikonsumsi secara rutin. 

BACA JUGA:7 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi, Nomor 7 Tidak Terduga

7. Cokelat Hitam

Cokelat hitam menjadi makanan selanjutnya yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Cokelat hitam atau dark chocolate dapat menurunkan kadar kolesterol karena mengandung antioksidan dan juga antiinflamasi sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat. 

Kategori :