Cegah Insomnia dengan Lakukan 8 Hal Ini, Tidur Jadi Lebih Mudah dan Nyenyak

Jumat 21-06-2024,21:41 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

Cara lain agar kamu bisa cepat tidur di malam hari yakni bisa melakukan meditasi dalam persiapan tidur. Dapat hindari pengaruh alat elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur.

Pasalnya cahaya dari ponsel, tablet atau alat elektronik lainnya bisa mengganggu kualitas tidur karena memancarkan cahaya biru. Hal ini tentunya perlu untuk kamu coba lakukan untuk cepat tertidur dengan nyaman.

BACA JUGA:5 Tips Tidur Malam Makin Berkualitas, Bangun Pagi Auto Segar dan Bugar

4. Jadwalkan waktu tidur

Selain itu, kamu juga bisa membuat jadwal tidur agar lebih efisien dan dapt tertidur dengan cepat. Cara ini menurut sejumlah penelitian dapat membantu seseorang mudah untuk tidur.

Menjaga waktu tidur sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan akan membantumu untuk optimal dalam melakukan berbagai kegiatan. Karena tubuh akan menyesuaikan diri dengan jadwal yang telah dibuat.

BACA JUGA:Bunda Perlu Tahu! Ini 7 Penyebab Anak Alami Tantrum, Karena Stres hingga Kurang Tidur

Kamu bisa memberi waktu 30-60 menit untuk sejenak bersantai. Lalu kemudian bersiap untuk tidur, cara tersebut dapat membuat tubuh dan piukiran menjadi rileks kembali.

5. Matikan lampu

Cara lainnya, kamu bisa mematikan lampu agar dapat tidur cepat dan terlelap. Diketahui ruangan gelap bisa meningkatkan produksi melatonin, berupa hormon untuk tidur.

Jika kamu seseorang yang tidak dapat tidur dalam kondisi gelap, seseorang bisa menggunakan lampu redup.

BACA JUGA:Pernah Angkat Kaki ke Tembok Sebelum Tidur? Ini 6 Manfaat yang Akan Dirasakan

6. Jangan tidur siang

Seseorang yang sedang insomnia, tidak jarang akan mengantuk di waktu siang. Sehingga banyak dari mereka beristirahat di waktu siang.

Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa, tidur siang bisa merusak kualitas tidur.

7. Matikan alat elektronik

Kategori :