Sejarah 1 Muharram yang Jadi Awal Mula Penetapan Kalender Islam, Simak Peristiwa Penting Dibaliknya

Jumat 05-07-2024,13:07 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Dari keresahan tersebutlah akhirnya muncul gagasan awal untuk membentuk atau menetapkan kalender Islam. 

Dalam usaha untuk menindaklanjuti surat dari Gubernur Abu Musa Al-Asy'ari tersebyt, Khalifah Umar akhirnya memanggil Ali bin Abi Thalib, Abdurrahman bin Auf RA, Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam RA, Sa'ad bin Waqqas, serta Thalhan bin Ubaidillah dan mengutus mereka sebagai orang yang berugas untuk menyusun kalender Islam.

BACA JUGA:10 Keutamaan Puasa Arafah Jelang Idul Adha 2024, Dibukakan 30 Pintu Kebaikan Jaminannya

Setelah adanya tim tersebut, akhirnya dimulailah pembahasan mengenai penentuan tahun pertama. 

Di dalam pembentukannya, ada yang mengusulkan jika tahun dimulai di tahun Gajah yang bertepatan dengan kelahiran Nabi, lalu ada pula yang mengusulkan di tahun wafatnya Nabi. 

BACA JUGA:Jadwal, Niat, dan Tata Cara Puasa Dzulhijjah Jelang Idul Adha 2024

Selain kedua ide tersebut, ada pula yang mengusulkan untuk memulai tahun di tahun pengangkatan Nabi Muhammad menjadi rasul hingga pada akhirnya muncul opsi untuk memulai di tahun hijrahnya Rasulullah SAW ke Madinah. 

Usulan pemilihan tanggal saat hijrahnya Nabi ini disampaikan oleh Ali bin Abi Thalib dan akhirnya disepakati sebagai awal tahun baru Islam yang ditandai dengan peristiwa hijrah Rasulullah dari Mekkah ke Madinah. 

BACA JUGA:Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Puasa Arafah Jelang Idul Adha 2024

Hal ini lantaran peristiwa ini dianggap sebagai salah satu peristiwa besar bagi Islam dimana hijah sendiri merupakan simbol perpindahan dari masa jahiliyah ke masyarakat Madani. 

Setelah penentuan tahun disepakati, akhirnya pembahasan berlanjut pada penentuan awal bulan pertama yang mengawali tahun Islam. 

BACA JUGA:Puasa Sunnah Tarwiyah di Bulan Dzulhijjah 2024: Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya

Pada awalnya, Rabi'al-Awwal diusulkan dengan awalasan Rasulullah SAW hijrah pada bulan tersebut. Namun usulan ini ditolak. 

Kemudian Khalifah Ummar memilih bulan Muharram sebagai bulan pertama di dalam susunan tahun Hijriyah dan pendapatnya didukung oleh Utsman bin Affan. 

BACA JUGA:Bikin Mata Langsung Melek, Ini 8 Ide Menu Sahur Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha 2024

Pemilihan bulan ini dilakukan lantaran meskipun hijrah dilakukan di bulan Rabi' al-Awwal, akan tetapi permulaan Hijrah telah dimulai sejak bulan Muharram.

Kategori :