5 Penyebab Radang Tenggorokan yang Sering Diabaikan, Amandel Salah Satunya

Selasa 09-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Amandel termasuk salah satu penyebab radang tenggorokan yang sering diabaikan, yuk simak penjelasan selengkapnya di sini.

Rendang tenggorokan merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyebabkan sakit saat menelan. Tidak hanya sakit saat menelan radang tenggorokan juga membuat area tenggorokan menjadi kemerahan, bersariawan, dan terasa gatal.

Kondisi ini dapat menyerang siapa pun mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Selain amandel penyebabnya pun beragam bisa karena infeksi jamur dan bakteri, tenggorokan kering, luka di tenggorokan, dan lainnya. 

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Plum Merah untuk Kesehatan, Bantu Mencegah dan Mengurangi Insomnia

Namun kamu tidak perlu khawatir, ada banyak cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan minum air mineral. Cara alami ini dapat kamu coba jika kondisi radang belum terlalu parah.

Jika sudah parah yang membuat kamu benar-benar tidak dapat menelan lagi maka kamu wajib kedokter.

Melansir dari siloamhospitals.com dan halodoc.com, berikut penyebab dan cara mengatasi radang tenggorokan:

Penyebab Radang Tenggorokan

1. Radang Tenggorokan (Faringitis)

Penyebab radang tenggorokan yang pertama adalah bakteri dan infeksi virus sehingga menyebabkan tersa sakit dan nyeri ketika menelan. 

Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan karena inveksi dari lingkungan sekitar seperti asap rokok, polusi, dan udara sehingga area leher menjadi merah, bengkak, gatal, dan nyeri.

BACA JUGA:Buah Tropis Pelancar Sistem Cernah, Ini 6 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan

2. Kandidiasis Mulut (Oral Thrush)

Penyebab radang tenggorokan berikutnya adalah Kandidiasis Mulut atau infeksi jamur Candida albicans. 

Diketahui, kondisi ini kerap terjadi pada derah mulut karena lembap. Seperti yang diketahui bahwa jamur sangat senang merdiam di daerah lembap.

Kategori :