Sakit Menelan hingga Demam, Ini 5 Ciri-ciri Radang Tenggorokan yang Perlu Diwaspadahi

Selasa 09-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Sakit menelan dan demam termasuk ciri-ciri radang tenggorokan yang perlu diwaspadahi, yuk simak penjelasan selengkapnya di sini.

Radang tenggorokan merupakan salah satu masalah kesehatan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, amandel, tenggorokan kering, atau terdapat luka di area tersebut.

Masalah kesehatan satu ini dapat dialami oleh siapapun mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Jika tidak segera diatasi, radang tenggorokan dapat memperparah kondisi kesehatan.

BACA JUGA:Ampuh Atasi Rontok hingga Ketombe, Intip Sederet Manfaat Plum Merah untuk Kesehatan Rambut

Hal tersebut karena ketika mengalami radangtenggorokan, seseorang tersebut akan merasakan sakit dan saat menelan. Akibatnya napsu makan menurun dan tubuh mengalami kekurangan nutrisi bahkan dehidrasi.

Dengan waktu yang bersamaan sistem imum menurun sehingga lebih rentan terserang berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Oleh karenanya penting untuk mengetahui ciri-ciri radang tenggorokan agar dapat segera mengambil tindakan pencegahan atau pengobatan.

Melansir dari halodoc.com, berikut ciri-ciri radang tenggorokan yang harus diwaspadahi:

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Plum Merah untuk Kesehatan, Bantu Mencegah dan Mengurangi Insomnia

1. Rasa Sakit dan Sensasi Gatal di Tenggorokan

Ciri-ciri radang tenggorokan yang harus diwaspadahi pertama adalah sakit dan gatal di tenggorokan. Hal ini umum terjadi ketika akan atau sedang radang, karena infeksi dari bakteri atau virus.

Ada banyak yang dapat menyebabkan infeksi bakteri atau virus, mulai dari kebiasaan buruk tidak menyikat gigi setelah makan, jarang minum air mineral hingga tenggorokan kering, atau efek samping mengkonsumsi makanan tertentu.

Oleh karenanya, sebelum radang tenggorokan menyerang kamu perlu memilih dan memilah makanan yang baik dikonsumsi dan cukupi kebutuhan cairan tubuh stiap harinya agar tenggorokan terhidrasi.

BACA JUGA:Buah Tropis Pelancar Sistem Cernah, Ini 6 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan

2. Nyeri saat Menelan dan Berbicara

Kategori :