Sakit Menelan hingga Demam, Ini 5 Ciri-ciri Radang Tenggorokan yang Perlu Diwaspadahi

Selasa 09-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

Ciri-ciri radang tenggorokan berikutnya adalah nyeri saat menelan dan berbicara. Sama dengan sensasi gatal, nyeri menelan juga umum terjadi saat akan atau telah mengalami radang tenggorokan.

Rasa nyeri menelan ini terjadi karena area tenggorokan terluka biasanya, sehingga makanan atau minuman yang melewatinya membuat luka tersebut terasa sakit yang menimbulkan rasa nyeri.

Selain itu, rasa nyeri tersebut juga dapat terasa ketika berbicara jika kondisi sudah parah. Oleh karenanya, sebelum semakin parah kamu perlu mengobatinya baik dengan mengkonsumsi obat atau berkonsultasi langsung dengan dokter ahli.

BACA JUGA:Miliki Efek Anti-Inflamasi, Ini 5 Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Kesehatan

3. Suara Menjadi Serak

Ciri-ciri radang tenggorokan selanjutnya adalah suara menjadi serak. Kondisi ini dapat terjadi karena infekasi pada daerah tenggorokan.

Seperti yang diketahui bahwa tenggorokan berdampingan dengan pita suara, sehingga jika terjadi peradangan pada area tenggorokan makan suara yang dikeluarkan juga tidak maksimal.

Selain itu, rasa gatal dan nyeri tenggorokan juga dapat mempengaruhi perubahan suara dan biasanya kondisi ini akan membaik dengan sendirinya.

Namun, kamu tetap perlu mengobati radang tersebut agar tidak menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

BACA JUGA:7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan, Ampuh Tekan Resiko Penyakit Jantung

4. Batuk

Selain sura serak, batuk juga termasuk ciri-ciri radang tenggorokan yang harus diwaspadahi karena kondisi tersebut sangat mengganggu.

Ketika radang tenggorokan menyerang dengan disertai rasa gatal pada tenggorokan maka gatal tersebut mendorong untuk melepaskan virus melalui batuk.

Batuk terjadi sebagai respon dari benda lain yang ada di dalam tenggorokan dan konsisi ini cukup menguras energi.

Oleh karenanya, jika kamu sudah merasakan gejala satu ini segera konsumsi obat radang agar cepat pulih.

5. Demam

Kategori :