Minum Air Hangat, Ini 5 Cara Redakan Asam Lambung yang Paling Direkomendasikan

Jumat 12-07-2024,13:00 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Minum air hangat termasuk salah satu cara meredakan asam lambung yang sedang naik, yuk simak penjelasan selengkapnya di sini.

Asam lambung adalah salah satu masalah kesehatan yang terjadi karena cairan asam di dalam lambung naik hingga ketenggorokan. Kondisi tersebut menimbulkan gejala berupa mual, muntah, sakit kepala, sakit perut, hingga sesak.

Asam lambung biasanya diakibatkan oleh telat makan, stres, atau efek dari mengkonsumsi makanan berkafein atau asam.

Asam lambung juga disebut dengan GERD, ganggaun kesehatan ini menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh manusia. Tercatat ada 30.154 atau sekitar 4,9 persen masyarakat Indonesia yang menderita penyakit asam lambung.

BACA JUGA:Berikut Sederet Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, 5 Penyakit Ini Dijamin Teratasi

Saat kambuh, asam lambung akan menyebabkan rasa mual yang tak terbendung. Selain itu, dada akan terasa terbakar dan sesak bahkan ada sebagian kasus yang menyebabkan pingsan.

Selain minum obat asam lambung ada beberapa cara meredakan asam lambung ketika kambuh, salah satunya minum air hangat.

Air hangat dapat menetralkan kadar asam di dalam lambung sehingga rasa mual dan sesak dapat ikut teringankan.

Tidak hanya itu, berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi juga dapat membantu mengurangi rasa mual saat asam lambung kambuh.

Di sisi lain soda kue, air jahe dan minum obat juga dapat meredakan asam lambung yang kambuh. Dilansir dari laman resmi halodoc.com, berikut cara meredakan asam lambung saat kambuh:

BACA JUGA:7 Manfaat Kulit Semangka bagi Kesehatan, Dipercaya Ampuh Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

1. Minum air hangat

Cara meredakan asam lambung saat kambuh yang pertama adalah dengan minum air panas. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa air panas dapat menetralisir kadar asam di dalam lambung sehingga mengurangi rasa mual saat asam lambung naik.

Selain itu, minum air hangat ketika asam lambung naik dapat melegahkan tenggorokan dan merileksasi otot perut yang kontraksi karena rasa mual.

2. Minum obat asam lambung

Kategori :