Minum Air Hangat, Ini 5 Cara Redakan Asam Lambung yang Paling Direkomendasikan

Jumat 12-07-2024,13:00 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

Cara meredakan asam lambung saat kambuh berikutnya adalah dengan minum obat asam lambung. Cara ini merupakan yang paling simpel dan cepat, namun jika terlalu sering mengkonsumsi oabat akan banyak gangguan kesehatan lain.

BACA JUGA:Baik bagi Kesehatan, Buah Semangka Punya Manfaat untuk Mencegah Degenerasi Makula

Penderita asam lambung pasti memiliki stok obat. Oleh karena itu, daripada rasa asam tersebut memperparah kondisi, sebaiknya segera konsumsi obat saat makan.

3. Soda kue

Cara meredakan asam lambung saat kambuh selanjutnya adalah dengan menggunakan soda kue. Belum banyak yang tahu kalau soda kue efektif meredakan sam lambung, karena memiliki kandungan natrium bikarbonat yang berfungsi untuk mengobati gangguan pencernaan.

Tidak hanya asam lambung, soda kue juga mampu melancarkan pencernaan, mengatasi kembung dan menetralkan gas setelah makan.

BACA JUGA:Mengulik Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan, Buah Segar Penurun Tekanan Darah

Cara mengkonsumsinya sangat mudah, kamu hanya perlu melarutkan 1/2 sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat lalu dimunum.

Namun kamu perlu hati-hati karena minum soda kue terlalu sering bisa membuat sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. 

4. Air jahe

Cara meredakan asam lambung saat kambuh yang lainnya adalah dengan minum air jahe. Hal tersebut karena air jahe memiliki sifat antioksidan yang mampu menetrakisir kadar asam yang terdapat di dalam lambung.

Caranya adalah kamu cukup merebus irisan atau geprekan jahe kemudian diminum saat airnya hangat kuku. Jika kamu ingin yang lebih aromatik dan berasa bisa menambahkan madu atau lemon. 

BACA JUGA:5 Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker Usus hingga Turunkan Resiko Batu Ginjal

5. Berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi

Cara meredakan asam lambung saat kambuh yang terakhir adalah dengan berbaring pada posisi kepala yang lebih tinggi daripada badan. Hal ini dilakukan agar cairan asam lambung tidak naik ke tenggorokan.

Dengan begitu dapat mengurangi rasa mual saat asam lambung naik. Itulah cara meredakan asam lambung saat kambuh, semoga bermanfaat.(*)

Kategori :