Kabar Terbaru, Beasiswa Kuliah Gratis Aparatur Desa se-Provinsi Bengkulu Segera Dibuka

Sabtu 13-07-2024,15:38 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Kabar terbaru beasiswa kuliah gratis aparatur desa se-Provinsi Bengkulu segera dibuka Pemerintah Provinsi Bengkulu. Para aparatur desa yang memiliki keinginan untuk kuliah dibiaya agar mempersiapkan diri.

"Akhir bulan ini atau awal bulan depan akan kita buat pengumuman pendafataran karena perkuliahan dimulai bulan September," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, Siswanto.

BACA JUGA:Terserap 15.815 Ton, Puncak Serapan Pupuk Subsidi di Bengkulu Diprediksi pada Agustus 2024

Dalam program ini, sebanyak 100 perangkat desa akan diberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi secara gratis, sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan pelayanan pemerintahan desa.

Menurut Siswanto, para perangkat desa yang berminat harus memenuhi syarat minimal telah berkecimpung dalam pemerintahan desa selama minimal 2 tahun.

BACA JUGA:Penataan Taman Wisata Kawasan DDTS Bengkulu Ditunda ke Tahun 2025

"Pendaftaran nantinya akan dilakukan melalui Dinas PMD Kabupaten masing-masing, dan akan diteruskan ke PMD Provinsi untuk seleksi lebih lanjut. Universitas Terbuka akan bertanggung jawab dalam proses seleksi peserta," jelas Siswanto.

BACA JUGA:Penataan Taman Wisata Kawasan DDTS Bengkulu Ditunda ke Tahun 2025

Program beasiswa ini telah memasuki angkatan pertama, dimana 100 perangkat desa telah berhasil memasuki semester dua. Sedangkan angkatan kedua diharapkan akan memulai perkuliahan sekitar bulan Agustus atau September.

"Saya berharap program ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan para perangkat desa, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dengan ilmu yang didapat, para perangkat desa diharapkan dapat lebih efektif dalam mengelola pemerintahan desa," tambah Siswanto.

BACA JUGA:Kisah Pak Syukur, Puluhan Tahun Jadi Fotografer Keliling di Rumah Pengasingan Bung Karno

Lebih lanjut, dikatakan Siswanto, untuk anggaran program kuliah aparatur desa se-Provinsi Bengkulu telah dimasukan dalam APBD Provinsi Bengkulu tahun 2024 sebesar Rp810 juta untuk 100 kuota perangkat desa.

"Anggaran sudah masuk di APBD 2034 sebesar Rp810 juta untuk membiayai UKT semester 1 angkatan ke 2 dan UKT semester 2 dan 3 angkatan pertama," terangnya.

BACA JUGA:Anggaran Pembangunan SPAM Regional Benteng Kobema Mencapai Rp1,2 Triliun

Program beasiswa kuliah gratis untuk perangkat desa di Bengkulu menjadi sebuah langkah progresif dalam memperkuat struktur pemerintahan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

Kategori :