Gubernur Rohidin Beri Catatan Pelaksanaan Ibadah Haji 2024

Senin 15-07-2024,16:56 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Gubernur Rohidin Mersyah menerima audensi 15 Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Provinsi Bengkulu tahun 1445 Hijriyah di Balai Raya Semarak Bengkulu, pada Senin 15 Juli 2024.

Disampaikan Gubernur Rohidin ada memberikan beberapa catatan pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 untuk perbaikan di masa yang akan mendatang. 

BACA JUGA:Proses Coklit Data Pemilih Pilkada di Kota Bengkulu Rampung 100 Persen

Salah satunya adalah perlunya koordinasi sejak di tanah air untuk menyamakan nilai dan wajib jamaah haji asal Bengkulu.

Kemudian, terkait adanya jamaah haji yang berangkat meskipun kondisi kesehatannya tidak mendukung.

"Ke depan perlu ada sinkronisasi antara petugas kesehatan dengan petugas pendamping haji saat screening kesehatan," kata Rohidin.

BACA JUGA:Pembentukan Badan Pendapatan Daerah di Pemprov Bengkulu Maksimalkan Pemasukan

Selain itu, ia berharap tahun depan ada penambahan petugas pendamping haji, antara 20 sampai 25 karena sangat dibutuhkan. 

Sementara kuota diberikan oleh Kemenag RI, meskipun pemerintah daerah siap mengganggar biaya bila ada penambahan petugas pendamping.

BACA JUGA:Bupati Seluma Minta Disnaketrans Turun Lapangan Pasca Tewasnya Karyawan PT MSS

"Kita juga, kalau memungkinkan, akan menambah jumlah TPHD tahun depan karena memang kebutuhan. Kami juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TPHD Bengkulu yang telah melaksanakan tugas dengan baik," jelas Gubernur Rohidin.

BACA JUGA:Rohidin Mersyah Kumpulkan 9 Parpol Hadapi Pilwakot Bengkulu

Sementara itu, Ketua TPHD Provinsi Bengkulu 1445 Hijriyah, Ali Nasrun, mengatakan bahwa selama 42 hari menjalankan tugas mendampingi jamaah haji Bengkulu penuh tantangan, tetapi tanpa hambatan yang berarti.

BACA JUGA:Bupati Seluma Buka Turnamen Tenis Meja Cup 2024, Harap Tercipta Bibit Atlet Profesional

Menurut Ali Nasrun, fasilitas haji yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu semakin baik dari tahun sebelumnya. Sebagai contoh, para jamaah Haji dan TPHD Bengkulu tidak perlu mencari makanan jauh-jauh karena sudah disiapkan oleh tim di tanah suci, termasuk fasilitas haji lainnya.

Kategori :