Mengenal Osteoporosis, Pengeroposan Tulang yang Sering Lambat Disadari, Apa Itu?

Jumat 19-07-2024,10:38 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Mengenal penyakit osteoporosis adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit yang satu ini terjadi karena kamu akan memperoleh pengetahuan yang cukup mengenai hal tersebut. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ini 8 Khasiat Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan, Bisa Cegah Osteoporosis

Mengenali lebih jauh penyakit yang satu ini juga dapat membuatmu mengetahui atau menyadari jika ada orang-orang terdekatmu yang mengalami masalah kesehatan yang satu ini. 

Osteoporosis sendiri adalah penyakit tulang keropos yang memiliki sifat khas berupa terjadinya penurunan massa tulang yang disertai dengan penurunan kualitas jaringan tulang sehingga menimbulkan kerapuhan tulang. 

BACA JUGA:5 Manfaat Konsumsi Susu bagi Lansia, Cegah Osteoporosis hingga Jaga Massa Otot

Penyakit osteoporosis memiliki julukan silent disease lantaran proses kepadatan tulang ini berkurang secara perlahan dan berlangsung secara progresif selama bertahun-tahun tanpa disadari dan tanpa gejala yang jelas. 

Mereka yang mengidap osteoporosis memiliki tulang yang mudah retak atau patah lantaran kepadatan tulang mereka berkurang. 

BACA JUGA:Terlanjur Alami Osteoporosis? Lakukan Pengobatan dengan Cara Ini

Bukan hanya itu, osteoporosis juga seringkali tidak menimbulkan gejala dan baru disadari setelah penderitanya mengalami masalah atau cedera. 

Penyakit yang satu ini kerap kali dilami oleh wanita dewasa yang memasuki masa menopause. Meski demikian, osteoporosis bukan berarti tidak dapat dialami oleh orang dewasa muda dan juga anak-anak. 

BACA JUGA:5 Cara Cegah Osteoporosis, Lakukan Sejak Dini Jika Tidak Ingin Menyesal

Osteoporosis terjadi akibat menurunnya kepadatan tulang dan juga penurunan kemampuan regenerasi tulang bagian dalam serta ketidakmampuan tubuh dalam mengatur kandungan mineral di dalam tulang. 

Oleh sebab itu, kondisi ini memicu terjadinya pengeroposan tulang yang terjadi secara perlahan dan dalam kurun waktu yang lama. 

BACA JUGA:Tak Dapat Disembuhkan, Ketahui Penyebab dan Faktor Resiko Penyebab Osteoporosis Ini

Melansir laman siloamhospital.com, biasanya seseorang yang mengalami penyakit ini akan mudah mengalami cedera di beberapa bagian tubuh tertentu seperti :

  • Retak pada tulang belakang
  • Retak pada tulang pinggul
  • Retak pada tulang pergelangan tangan
  • Retak pada tulang lengan
  • Retak pada tulang panggul
Kategori :