5 Dampak Terlalu Banyak Makan Kacang Almond, Perhatikan Takarannya!

Minggu 21-07-2024,20:03 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BACA JUGA:Cukupi Asupan Kalsium dengan 10 Daftar Makanan Ini, Ada Susu hingga Kacang Almond

Namun meski memiliki banyak manfaat, kamu tetap harus mengonsumsinya dalam batas wajar lantaran overdosis dapat menyebabkan keracunan vitamin E. 

Kondisi ini dapat memberikan efek buruk pada kesehatan seperti kram perut, diare, hingga peningkatan risiko pendarahan. Bukan hanya itu, meningkatnya toksisitas ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan tubuh rentan terkena infeksi. 

BACA JUGA:Wow! Minyak Almond Ampuh Cegah Penuaan Dini, Ragam Manfaat Lainnya Cek di Sini

2. Berat Badan bertambah

Jika dikonsumsi berlebihan, kacang almond dapat menyebabkan berat badan bertambah lantaran megandung banyak kalori dan juga lemak sehat. 

Hal ini lantaran jumlah kalori yang ada di dalam kacang almond saat dikonsumsi brlebihan tersebut dapat menyebabkan berat badan bertambah dan tubuh menyimpan kalori sebagai lemak. 

BACA JUGA:5 Manfaat Minyak Almond untuk Kesehatan, Baik untuk Jantung hingga Ampuh Atasi Stretchmark

3. Menyebabkan Batu Ginjal

Efek samping berikutnya yang mungkin terjadi jika mengonsumsi terlalu banyak kacang almond adalah peningkatan resiko batu ginjal. 

Hal ini terjadi lantaran almond mengandung oksalat, yaitu senyawa alami yang ditemukan pada tumbuhan dan berperan dalam mekanisme pertahanan yang memiliki berbagai manfaat seperti melindungi dari patogen. 

BACA JUGA:5 Manfaat Kacang Almond untuk Kecantikan, Bikin Kulit Tampak Lebih Cerah

Jika kandungan ini dikonsumsi secara berlebihan, maka senyawa ini dapat menempel di ginjal dan membentuk batu ginjal sehingga memerlukan perhatian medis untuk dihilangkan. 

4. Menghambat Penyerapan Nutrisi

Mengonsumsi almond berlebihan juga dapat menghambat penyerapan nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh karena mengandung senyawa asam fitat. 

BACA JUGA:Bukan Sembarang Kacang, Ini 7 Manfaat Almond untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Demensia

Kategori :