6 Penyebab Morning Depression yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Karena Kecemasan

Senin 22-07-2024,10:00 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Morning depression menjadi salah satu kondisi mental yang bisa terjadi oleh siapa saja. Ada beberapa penyebab yang membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan ini.

Setiap orang tentu memiliki emosi yang berbeda-beda termasuk kondisi ini. Morning depression juga dikenal dengan depresi pagi hari.

Sebutan ini memiliki makna di mana seseorang sedang mengalami kondisi yang kurang baik bahkan suasana hati di pagi hari tersebut sedang buruk.

BACA JUGA:Morning Depression Bisa Dialami Siapa Saja, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Ada banyak gejala depresi yang dirasakan seperti frustasi, lelah, kecewa, sedih, marah, dan lain sebagainya. Kondisi ini bisa terjadi saat di pagi hari saja, waktu siang hingga menjelang malam mood seseorang kembali membaik.

Meski terasa sulit, penting untuk tetap dalam kondisi yang tenang dan menjaga suasana hati dengan baik agar dapat menghindari gejala morning depression ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebab seseorang mengalami morning depression yang jarang diketahui.

BACA JUGA:Cara Mudah Biar Anak Tidur Nyenyak Tanpa Mengigau, Kamu Perlu Lakukan 7 Hal Ini

1. Respons terhadap hormon

Penyebab yang bisa membuatmu terkena morning depression yakni adanya respons hormon yang berlebih hingga membuatmu mengalami gangguan kesehatan ini. Hormon yang dimaksud disebut dengan kortisol.

Hormon ini bisa menjadi ancaman bagi seseorang karena dapat membahayakan diri. Pasalnya hormon kortisol tersebut dapat mempengaruhi kadar gula pada tubuh hingga tekanan darah.

BACA JUGA:Auto Sehat dan Bugar, Inilah 5 Tips Tidur Malam Berkualitas untuk Kesehatan Tubuh

Jika terlalu banyak hormon tersebut bisa menyebabkan depresi, sulit fokus, maupun kecemasan. Inilah yang menyebabkan seseorang mengalami morning depression. 

2. Gangguan tidur

Tidak sedikit orang mengalami gangguan tidur, hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor. Sehingga masalah tidur ini bisa mempengaruhi seseorang mengalami morning depression.

Kategori :