6 Penyebab Morning Depression yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Karena Kecemasan

Senin 22-07-2024,10:00 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

Perlunya menjaga pola tidur agar saat menjelang pagi tubuh kembali berenergi.  Tidak hanya mengatur jadwal tidur, seseorang perlu memiliki irama sirkadian karena dapat membantu mempengaruhi kesadaran, pikiran, energi, hingga suasana hati.

BACA JUGA:Gejala dan Cara Mengatasi Hipersomnia, Gangguan Tidur yang Perlu Kamu Hindari

Saat irama sirkadian ini terganggu, produksi hormon pun juga ikut terganggu. Hal tersebut bisa mengakibatkan kondisi fisik dan emosional seseorang buruk.

3. Gangguan mood

Selain gangguan tidur, penyebab lainnya karena kamu memiliki gangguan mood. Hal ini bisa menimbulkan depresi seoperti morning depression.

Jika kamu sering merasa ada gangguan mood di pagi hari, dapat segera konsultasikan dengan profesional bagian kesehatan mental. Dengan begitu kamu akan mengetahui penyakitnya dan dapat mengatasinya.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Bahaya Tidur Terlalu Lama, Nomor 3 Kerap Dirasakan

4. Kesehatan fisik

Kondisi lainnya yakni karena kamu memiliki gangguan tiroid atau sindrom kelelahan kronis. Hal tersebut bisa menyebabkan seseorang mengalami morning depression.

Untuk itu perlunya kamu menjaga kesehatan fisik dengan melakukan perawatan yang dianjurkan dokter. Selain itu kamu juga bisa menjalani gaya hidup sehat.

BACA JUGA:Kurangnya Waktu Tidur Hingga Terbiasa Merokok, Inilah 5 Kebiasaan Buruk Picu Penuaan Dini

5. Kurangnya nutrisi

Gangguan ini bisa dialami juga karena kamu kekurangan mengonsumsi nutrisi. Misalnya vitamin D atau omega-3 yang berperan penting dalam kesehatan mental seseorang.

Sehingga untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu mengonsumsi makanan yang seimbang dan kaya nutrisi. Jika perlu kamu juga bisa menyiapkan suplemen yang dibutuhkan.

BACA JUGA:Inilah 8 Manfaat Memakai Air Mawar Sebelum Tidur, Mengatasi Beragam Masalah Kulit Wajah

6. Adanya kecemasan

Kategori :