Ikan Berlemak hingga Alpukat, Ini 6 Jenis Makanan Sehat dan Bergizi untuk Lansia

Senin 22-07-2024,14:46 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

Tidak hanya itu, makanan tinggi serat seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan sangat baik untuk pencernaan lansia. Dengan rutin mengkonsumsi makanan tinggi serat akan menurunkan resiko sembelit pada sembelit.

Di sisi lain, makanan tinggi serat juga meminimalisir resiko penyakit jantung, peradangan, kolesterol, dan penyakit diabetes. 

BACA JUGA:7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan, Ampuh Kontrol Gula Darah hingga Turunkan Berat Badan

3. Yoghurt

Makanan sehat yang bergizi untuk lansia selanjutnya adalah yoghurt. Deketahui, di dalam yoghurt terdapat kandungan kalsium tinggi yang sangat baik untuk mendukung kekuatan dan kesehatan tulang.

Seperti yang diketahui, semakin berumur seseorang makan kekuatan tulang semakin menurun. Kandungan kalsium di dalam yoghurt membantu tulang lebi padat sehingga lebih kuat dan sehat meski sudah lansia.

Asupan kalsiun sangat penting untuk lansia, karena selain agar tulang kuat juga untuk melancarkan pencernaan karena yoghurt juga memiliki kandungan mineral dan vitamin D yang dapat melancarkan pencernaan.

BACA JUGA:Cakap Redakan Gangguan Pernapasan, Pare Tawarkan 10 Manfaat Ini untuk Kesehatan

4. Tomat

Selain yoghurt, tomat juga sangat baik dikonsumsi lansia. Hal tersebut karena buah tomat memiliki kandungan likopen tinggi. Kandungan ini berugas melindungi tubuh terhadap kanker prostat dan paru-paru.

Tidak bisa dipunkiri bahwa semakin bertambahnya usia, kesehatan akan semakin menurun. Hal tersebut karena tubuh tidak memiliki asupan nutrisi yang cukup baik untuk menghadang serangan penyakit.

Oleh karenanya semakin senja usia penting untuk memperbanyak asupan makanan sehat dan bergizi serta mengurangi makanan cepat saji.

BACA JUGA:Obati Sakit Tenggorokan, Inilah 6 Obat Tradisional Terbuat Jeruk Lemon, Dapatkan Manfaatnya untuk Kesehatan

5. Kacang-Kacangan

Makanan sehat dan bergizi untuk lansia lainnya adalah kacang-kacangan. Diketahui terdapat banyak kandungan omega 3, lemak tak jenuh, serat dan protein di dalamnya.

Dimana kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan seiring bertambahnya usia. Seperti yang sidah dikatakan sebelumnya bahwa omega 3 membantu lansia terhindari peradangan, sedangkan serat bertugas melancarkan saluran cernah  lansia.

Kategori :