Hati-hati! 5 Efek Samping Ini Siap Intai Tubuhmu Jika Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin D

Senin 22-07-2024,15:08 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Mereka yang mengonsumsi vitamin D berlebihan atau dalam dosis tinggi dapat mengalami mual, muntah, dan juga kehilangan nafsu makan. 

Bukan hanya itu, remaja perempuan juga dapat mengalami mual dan penurunan berat badan setelah mengonsumsi suplemen vitamin D berlebihan dan tidak sesuai dengan yang diperlukan tubuh. 

BACA JUGA:7 Fakta Menarik Buah Belimbing yang Jarang Diketahui, Kaya Serat dan Vitamin C

3. Gagal Ginjal

Efek samping lainnya yang ,ungkin terjadi jika kamu terlalu bayak mengonsumsi vitamin D adalah masalah pada ginjal seperti gagal ginjal. 

Hal ini lantaran tingginya kadar vitamin D ini menyebabkan kadar kalsium menjadi tinggi pula atau dikenal dengan sebutan hiperkalsemia. 

BACA JUGA:Konsumsi Zat Besi hingga Vitamin B12, Ini 5 Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan kadar air serprti membuat tubuh terus buang air kecil dan juga mengalami masalah pengapuran ginjal. 

Jika tubuh mengalami hiperkalsemia, maka kondisi ini dapat menyebabkan pembuluh darah ginjal menyempit dan menyebabkan penurunan pada fungsi ginjal. 

BACA JUGA:9 Buah dan Sayuran Ini Punya Kandungan Vitamin C yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

4. Sakit Perut, Sembelit, dan Diare

Efek samping berikutnya yang dapat terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi vitamin D adalah mengalami masalah pencernaan umum seperti sakit perut, sembelit, dan juga diare. 

Hal ini bisa terjadi terutama jika kamu mengomsumsi suplemen vitamin D dalam jumlah yang tinggi dan tanpa aturan yang jelas. 

BACA JUGA:Kaya Vitamin C, Buah Kedondong Tawarkan 6 Manfaat Kesehatan Ini untuk Tubuh, Apa Aja?

5. Peningkatan Kalsium dalam Darah

Konsumsi vitamin D berlebihan berbanding lurus dengan meningkatnya kadar kalsium di dalam darah. Oleh sebab itu, asupan vitamin D yang berlebihan di dalam tubuh dapat meningkatkan kadar kalsium di dalam darah. 

Kategori :